Senin 22 Juli 2019, 17:45 WIB

BI Buka Peluang Turunkan Lagi Suku Bunga Acuan

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
BI Buka Peluang Turunkan Lagi Suku Bunga Acuan

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp
BI TURUNKAN SUKU BUNGA ACUAN: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI dihadapan wartawan

 

GUBERNUR Bank Indonesia Perry Warjiyo melontarkan sinyal kuat untuk kembali menurunkan suku bunga acuan di sisa tahun ini. Dengan syarat, laju inflasi terus terkendali dan stabiltas terjaga sehingga terdapat ruang cukup luas untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Sebagaimana diketahui, Bank Sentral baru saja memangkas suku bunga acuan dari 6% menjadi 5,75% pada Kamis (18/7) pekan lalu.

Pemangkasan suku bunga acuan tersebut adalah yang pertama kali sejak delapan bulan terakhir yakni November 2018. Kala itu, suku bunga dinaikkan ke level 6% untuk membendung aliran modal asing keluar dari Indonesia.

"Kami tetap membuka kemungkinan untuk pelonggaran kebijakan moneter, baik itu likudiitas maupun penurunan suku bunga acuan lebih lanjut," ujar Perry di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (22/7).

Baca juga: Penurunan Suku Bunga Acuan akan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ia pun menyebut kebijakan tersebut dapat berjalan beriringan dengan berbagai faktor pendorong pertumbuhan ekonomi lainnya seperti kurs rupiah yang menguat dan inflasi yang terjaga.

"Proyeksi parameter ekonomi makro Bank Sentral tidak jauh berbeda dengan pemerintah. Pertumbuhan ekonomi di semester kedua 2019 akan lebih baik," tuturnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More