Senin 22 Juli 2019, 17:45 WIB

BI Buka Peluang Turunkan Lagi Suku Bunga Acuan

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
BI Buka Peluang Turunkan Lagi Suku Bunga Acuan

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp
BI TURUNKAN SUKU BUNGA ACUAN: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI dihadapan wartawan

 

GUBERNUR Bank Indonesia Perry Warjiyo melontarkan sinyal kuat untuk kembali menurunkan suku bunga acuan di sisa tahun ini. Dengan syarat, laju inflasi terus terkendali dan stabiltas terjaga sehingga terdapat ruang cukup luas untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Sebagaimana diketahui, Bank Sentral baru saja memangkas suku bunga acuan dari 6% menjadi 5,75% pada Kamis (18/7) pekan lalu.

Pemangkasan suku bunga acuan tersebut adalah yang pertama kali sejak delapan bulan terakhir yakni November 2018. Kala itu, suku bunga dinaikkan ke level 6% untuk membendung aliran modal asing keluar dari Indonesia.

"Kami tetap membuka kemungkinan untuk pelonggaran kebijakan moneter, baik itu likudiitas maupun penurunan suku bunga acuan lebih lanjut," ujar Perry di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (22/7).

Baca juga: Penurunan Suku Bunga Acuan akan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ia pun menyebut kebijakan tersebut dapat berjalan beriringan dengan berbagai faktor pendorong pertumbuhan ekonomi lainnya seperti kurs rupiah yang menguat dan inflasi yang terjaga.

"Proyeksi parameter ekonomi makro Bank Sentral tidak jauh berbeda dengan pemerintah. Pertumbuhan ekonomi di semester kedua 2019 akan lebih baik," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Galih Pradipta

Kejagung Periksa Sejumlah Saksi Terkait Dugaan Korupsi Jiwasraya

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Juli 2020, 09:29 WIB
Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI kembali memeriksa 9 saksi terkait perkara...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Mahfud Sebut Negara Malu jika tak Bisa Ringkus Joko Tjandra

👤Kautsar Bobi 🕔Kamis 09 Juli 2020, 08:34 WIB
"Malu negara ini kalau dipermainkan oleh Djoko Tjandra. Kepolisian kita yang hebat masa ga bisa nangkap, kejagung yang hebat seperti...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Perayaan Hut RI Ke-75 di Istana Tanpa Tamu Undangan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 Juli 2020, 08:28 WIB
Dalam laman daring resminya, Sekretariat Negara menyebutkan siapa saja yang boleh hadir dalam upacara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya