Senin 22 Juli 2019, 14:30 WIB

Nelayan Dikagetkan Adanya Tumpahan Minyak

Cikwan Suwandi | Nusantara
Nelayan Dikagetkan Adanya Tumpahan Minyak

MI/Cikwan Suwandi
Tumpahan minyak mencemari pantai di Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat sejak Minggu (21/7).

 

BAU menyengat tercium di sepanjang Pantai Sedari hingga Cemara Jaya, Karawang, Jawa Barat. Tumpahan minyak hitam pekat mencemari laut pantura Karawang yang dangkal. Bahkan di beberapa titik panasnya minyak tersebut pun mengeluarkan asap panas dan nyala api pada batang kayu di pinggir pantai. Kejadian itu sudah terjadi sejak Minggu (21/7). Warga Cemara Jaya heboh karena tidak tahu adanya minyak di pantai tersebut.

"Warga juga tidak tahu minyak ini datang dari mana, ini sudah terjadi sejak kemarin," ungkap Tagyo, Senin (22/7).

Sementara itu dampak ceceran minyak menyebabkan nelayan harus melaut lebih jauh. Seperti diakui oleh Manager TPI Cipucuk Desa Pusakajaya Utara, Dedi Wahyu Wijaya yang menyebutukan sejumlah nelayan harus melaut lebih jauh karena daerah tangkapannya kosong karena sejumlah ikan mati.

"Nelayan-nelayan besar ini mengadu kepada saya, jika mereka harus melaut lebih jauh lagi. Karena minyak itu menyebabkan ikan mati, biasanya mereka melaut dengan jarak tempuh 20 liter. Sekarang harus 30 liter," katanya saat dihubungi Media Indonesia, Senin (22/7).

Menurut informasi yang didengar oleh Wahyu, kejadian ini akibat ledakan pipa minyak Pertamina di tengah laut.

"Saya mendengar dari Polair, katanya ada ledakan pipa Pertamina," ungkapnya.

Ia berharap persoalan pencemaran minyak itu segera teratasi. Mereka khawatir jika terus dibiarkan akan mengganggu hasil tangkap nelayan. Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengaku akan segera melakukan pemanggilan kepada pihak Pertamina.

baca juga: Tol Trans Jawa Bisa Pacu Pariwisata

"Rencananya Kamis besok kita panggil," ucapnya.

Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra mengatakan, tumpahan minyak terjadi pada Perairan Tengkolak titik kordinat S 6° 09' 35" E 107°60'28" atau sekitar 7 mil dari bibir Pantai Cilamaya, Karawang. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More