Senin 22 Juli 2019, 00:40 WIB

Kaesang Pangarep Setahun Percobaan dengan Jokowi

Fathurrozak | Humaniora
Kaesang Pangarep Setahun Percobaan dengan Jokowi

MI/Susanto
Kaesang Pangarep

 

KAESANG Pangarep, 24, rupanya butuh waktu setahun sebelum meluncurkan bisnis barunya, kopi. Dalam kurun itu, ia langsung mempraktikkan racikan kopinya itu untuk sang ayah, Presiden Joko Widodo.

Bisnis barunya itu dia wujudkan setelah sukses dengan bisnis fesyen Sang Java dan camilan Sang Pisang. Putra bungsu Joko Widodo kini melebarkan sayap bisnisnya di industri kopi, Ternakopi.

Kopi jenis cold brew yang dia pilih itu kini terus bertambah gerainya. Terbaru, ia bekerja sama dengan chef Arnold Poernomo untuk membuka bisnis kuliner Mangkokku sekaligus gerai anyar Ternakopi.

Rupanya Kaesang bukanlah tipe penyuka kopi. Ketertarikannya muncul lantaran ia mendapat kesempatan mengambil sertifikasi barista.

"Karena tahun 2018 saya diberi kesempatan ambil sertifikasi barista. Tapi enggak saya lanjutkan untuk latihannya. Nah, muncul ketertarikannya sama kopi memang dari situ, walau saya susah untuk minum kopi," ungkapnya saat peluncuran Mangkokku dan Ternakopi di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Sabtu, (20/7).

Oleh sebab itu, ia pun menjajal keahliannya meramu kopi untuk langsung dinilai ayahnya selama setahun.

"Saya selama setahun sebelum buka Ternakopi, Bapak yang nyobain. Dia suka yang varian gula jawa. Dalam setahun itu, misal, saya lagi libur kuliah, dan pulang ke Indonesia selama sebulan, ya buatin kopi buat bapak setiap hari. Pagi dan malam. Karena beberapa kali dikritik juga soal rasa, makanya saya butuh setahun. Bapak sih hanya coba yang original dan gula jawa. Dulu awal-awal ya bikin juga yang ala v60, tapi kemudian lebih fokus ke cold brew," kisahnya.

Kaesang yang kini masih kuliah semester delapan di Singapura ini mengaku menggunakan biji kopi dari salah satu daerah di Jawa Tengah. Ke depannya, ia ingin menggunakan kopi asal Aceh dan salah satu pulau di Indonesia bagian timur.

Bisnisnya pada dunia kopi selain berdasar pada ketertarikan saat latihan menjadi barista, juga melihat tren. Ia menyebut, setiap lini bisnis yang dibangunnya selain karena tren, juga berangkat dari kesukaannya pada sesuatu.

"Berangkat dari yang saya sukai, kalau ternyata memang bisa dibisniskan, ya dicoba. Jadi, gabungan antara yang saya sukai dan tren," ujarnya.

 

Hadapi dengan santai

Di media sosial, Kaesang kerap berinteraksi dengan warganet. Terlebih dengan orang-orang yang kerap menggunakan kata kurang santun untuk keluarganya. Namun, rupanya ia tak ambil pusing dengan hal itu. Bahkan, ia kerap mempromosikan jualannya.

"Kebetulan ada yang ngomong enggak enak, saya paling enggak suka kalau malah komentar balik dengan melawan. Jadi, sambil jualan saja, kalau laris ya saya senang, bisa dinikmati," kelakarnya.

Ia menambahkan, "Kita sebagai pribadi slow aja, kalau ditambah ngegas malah sama-sama ngegas."

Kaesang yang berkuliah di prodi bisnis ini memang berniat menjadi pebisnis. Salah satu yang diyakininya ialah mencoba terlebih dahulu meski gagal.

"Kalau saya moto hidupnya 'coba dulu'. Sering gagal juga dalam percobaan itu. Kalau enggak gagal, ya enggak bakal tahu. Kalau gagal, ya coba lagi. Karena memang dari awal saya inginnya jadi pebisnis." (H-1)

Baca Juga

Antara

RS Rujukan Korona Bakal Ditambah 4 Kali Lipat

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 10 April 2020, 17:11 WIB
Adapun, Trisa menyatakan jumlah tenaga ahli kesehatan yang meliputi dokter spesialis paru, hingga dokter spesialis penyakit dalam di 132 RS...
Antara

Pemerintah Mengapresisi Umat Nasrani Penuhi Pembatasan Fisik

👤Antara 🕔Jumat 10 April 2020, 16:46 WIB
Ini merupakan upaya nyata dalam menerapkan imbauan pembatasan jarak fisik serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang khususnya...
Antara

Update: Pasien Positif Korona Sembuh Tambah 30 Orang

👤Dhika Kusuma Winata/Atalya Puspa 🕔Jumat 10 April 2020, 16:10 WIB
Adapun, jumlah pasien yang meninggal yakni sebanyak 26 kasus, sehingga total pasien meninggal menjadi 306...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya