Minggu 21 Juli 2019, 15:25 WIB

Lebaran Betawi Menyisakan Sampah di Kawasan Monas

Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan
Lebaran Betawi Menyisakan Sampah di Kawasan Monas

MI/Rifaldi Putra Irianto
Hari terakhir kegiatan Lebaran Betawi sisakan sampah

 

KEGIATAN Lebaran Betawi yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Minggu (21/7), memasuki hari terakhir. Sejumlah warga terlihat antusias untuk menghadiri acara tersebut.

Penumpukan pengunjung tampak di depan gerbang masuk yang menghubungkan area Kuliner Lenggang Jakarta, dengan Lapangan Silang Barat Daya Monumen Nasional (Monas).

Stan-stan para pedagang yang memenuhi area tersebut semakin mempersempit pergerakan para pengunjung untuk memasuki area utama kegiatan Lebaran Betawi tersebut.

Tak hanya penumpukan pengunjung yang terus memadati kawasan tersebut, sepanjang kiri dan kanan kawasan tersebut, tepatnya di area Taman Monas, tumpukan nasi kotak sisa hingga botol bekas air mineral terlihat berserakan begitu saja.

Pemandangan tersebut membuat kegiatan lebaran warga Ibu Kota Jakarta yang penuh dengan keindahan seni dan budaya, sedikit terlihat kumuh.


Baca juga: Budaya Betawi Hadapi Perkembangan Zaman


Sampah-sampah yang berserakan itu umumnya terdiri atas sampah gelas plastik, botol dan styrofoam bekas makanan dan minuman pengunjung. Padahal, hampir di setiap sudut kawasan itu disediakan tempat sampah.

Beberapa petugas kebersihan terus membersihkan sampah-sampah yang berserakan tersebut, namun jumlah sampah yang berserakan tidak sebanding dengan jumlah petugas kebersihan sehingga sampah-sampah tersebut masih terlihat.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutanya telah berpesan agar para pengunjung dapat menjaga kebersihan kawasan yang menjadi ikon wisata Ibu Kota tersebut.

"Mari kita tunjukkan kepada semua, masyarakat betawi yang berkumpul di sini dapat menjaga kebersihan," kata Anies, di Lapangan Monas, Jakarta, Minggu.

Tak hanya itu, Anies juga mengimbau agar pengunjung dapat menjaga ketertiban selama acara berlangsung.

"Juga, mari kita tunjukkan kepada semua, masyarakat Betawi yang berkumpul di sini bisa tertib, sehingga semua dapat melihat bahwa Lebaran Betawi berlangsung dengan meriah, tertib, aman, dan damai," sebutnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More