Minggu 21 Juli 2019, 13:35 WIB

Lebaran Betawi, Tradisi Silaturahim Baru Warga Ibu Kota

Rifaldi Putra irianto | Megapolitan
Lebaran Betawi, Tradisi Silaturahim Baru Warga Ibu Kota

MI/Rifaldi Putra irianto
Sambutan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Lebaran Betawi di Kawasan Monas, Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Lebaran Betawi, Lapangan Silang Barat Daya Monumen Nasional (Monas) pun disulap penuh dengan tenda-tenda kuliner khas Ibu Kota, hingga beberapa kesenian Betawi ditunjukan oleh semua Pemerintah Kota Administrasi DKI Jakarta hingga Kabupaten Kepulauan Seribu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutanya pada kegiatan Lebaran Betawi tersebut mengatakan, kegiatan ini merupaka tradisi baru sebagai ajang silaturahmi khususnya masyarakat Betawi.

"Alhamdulillah hari ini kita sama-sama merayakan Lebaran Betawi. Sebuah tradisi baru, Kita ingin Lebaran Betawi ini benar-benar menjadi ajang silaturahmi sebagaimana niat awal ketika dimulai," kata Anies, di Lapangan Silang Barat Daya Monas, Jakarta, Minggu (21/7).

Ia mengatakan Kegiatan yang mengusung tema 'Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia' tersebut dirasa pas dengan Kota Jakarta yang telah menjadi simpul pemersatu bangsa Indonesia.

"Temanya adala tema yang sangat penting tema persatuan. Masyarakat dikota ini telah menjadi tuan rumah yang luar biasa, menjadi simpul pemersatu kesatuan bangsa Indonesia, Di kota ini cita-cita menjadi bangsa Indonesia dikumandangkan," jelasnya.


Baca juga: Kearifan Lokal untuk Menggaet Wisatawan


Ia menambahkan bahwa di Jakarta pula, keberagaman suku bangsa hadir dan masyarakat Jakarta berhasil memfasilitasi kehadiran tersebut.

"Di kota ini masyarakat menyambut keberagaman suku bangsa, dimana keberagaman, keramahan, dan kehangatan masyarakat betawi yang telah menjadi fasilitatornya, " imbuhnya.

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan ini kemudian kebudayaan betawi tidak hanya dilestarikan namun juga dapat terus dikembangkan.

"Kebudayaan jangan hanya dilestarikan nanti hanya jadi barang kuno, kebudayaan harus dikembangkan supaya tumbuh berkembang, Dan Lebaran Betawi ini salah satu contoh pengembangan tradisi Betawi," ucapnya.

Dalam pantun yang ia sampaikan, Anies mengajak seluruh warga Betawi untuk dapat hadir meramaikan kegiatan Lebaran Betawi tersebut.

"Bersama Nyak Babe berangkat dari Cikini, bajay melaju hingga Gondangdia, nyok kita ramaikan Lebaran Betawi demi Jakarta yang maju dan bahagia, " tutupnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More