Sabtu 20 Juli 2019, 19:45 WIB

Iklan Rokok Dilarang, Potensi PAD Terancam Hilang

Gana Buana | Megapolitan
Iklan Rokok Dilarang, Potensi PAD Terancam Hilang

MI/Arya Manggala
lLrangan merokok

 

POTENSI pendapatan asli daerah Kabupaten Bekasi, terancam hilang. Sebab, pemerintah daerah telah melarang pemasangan konten iklan rokok di wilayah setempat.

“Sudah kehilangan potensi pendapatan dari sektor reklame rokok. Pada 2018 lalu pencapaian reklame hilang Rp3 miliar,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pembukuan pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi Akam Muharam, Sabtu (20/7).

Menurut dia, larangan iklan rokok ini mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Pada awal 2019 implementasi dari Perda ini diawali dengan penarikan iklan rokok di sejumlah reklame.

“Peraturan dibuat untuk dipatuhi, sehingga kita mematuhi aturan tersebut yang dibuat oleh pemerintah daerah dengan legislatif,” ujarnya.

Baca juga : Pelarangan Iklan Rokok agar Diperluas

Meski demikian, pemerintah daerah tetap melakukan antisipasi atas potensi yang hilang tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat aplikasi sebagai sistem yang akan mengatur tentang pendapatan dari sektor reklame.

Dengan aplikasi tersebut, kata dia, nantinya petugas pemungut pajak ataupun petugas pendataan akan lebih mudah untuk mengetahui mana yang sudah bayar, dan mana yang sudah habis.

“Aplikasi ini tengah dibuat untuk menghindari pengemplang pajak dari sektor reklame, karena ada saja perusahaan swasta yang tidak menunaikan kewajibannya kepada pemerintah," jelasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, ada sekitar 5.000 lebih reklame di Kabupaten Bekasi. Sekitar 1.500 titik reklame diduga tidak memiliki izin. Disinyalir ada potensi kebocoran PAD Kabupaten Bekasi.

Meski demikian, Akam meyakini PAD Kabupaten Bekasi dari sektor reklame akan tetap sesuai target yakni Rp16,7 miliar di tahun 2019. Tercatat hingga akhir Mei lalu, PAD yang sudah diperoleh pemerintah dari sektor reklame telah mencapai Rp6,1 miliar. (OL-7

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Anggaran Bansos DKI Cukup sampai Akhir Tahun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 15:51 WIB
Untuk tetap melanjutkan program pembangunan infrastruktur, Pemprov DKI mendapatkan pinjaman dari pemerintah pusat melalui PT Sarana Multi...
MI/Bary Fathahilah

Atasi Banjir, Dinas SDA DKI Siapkan Rp780 M untuk Pembebasan Lahan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 14:42 WIB
Pembebasan lahan tersebut akan difokuskan ke beberapa daerah bantaran kali atau sungai yang memerlukan upaya normalisasi sesegera mungkin...
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Siapkan Contra Flow

👤Yakub Pryatama 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 14:38 WIB
Rudy menuturkan polisi akan menyiapkan pengalihan arus lalu lintas dari KM 47 sampai KM 61. Pengalihan tersebut merupakan titik pertemuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya