Sabtu 20 Juli 2019, 17:40 WIB

Rasakan Sensasi Aduk Dodol di Lebaran Betawi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Rasakan Sensasi Aduk Dodol di Lebaran Betawi

MI/Putri Yuliani
Pengunjung Lebaran Betawi bisa merasakan sensasi beratnya mengaduk adonan dodol Betawi di salah satu pengisi tenan kuliner

 

UMI, 33, terlihat sedikit kesulitan saat menggerakkan pengaduk adonan dodol berukuran 2 meter yang ia pegang. Pengaduk terbuat dari kayu itu digunakan untuk mengaduk adonan dodol yang tepat berada di depannya.

Baru sebentar, Umi terlihat kelelahan dan menyerah. Tapi, ia terlihat puas dan tersenyum karena temannya berhasil mengabadikan momen dirinya mengaduk dodol saat itu.

Baca juga: Kerak Telur Raksasa akan Hadir di Lebaran Betawi

"Ya, lumayan berat. Padahal, adonannya lunak begitu kan dodol. Keberatan pengaduknya juga sih, hehe," ungkapnya ditemui di Monas, Jakarta, Sabtu (20/7).

Ia tidak sengaja menemukan tenan penjual dodol yang juga menyediakan kuali beserta adonan yang masih belum matang. Sebelumnya, ia berniat mengunjungi Lebaran Betawi yang diselenggarakan di Silang Barat Daya Monas hari ini.

Umi pun berhenti sejenak karena ingin merasakan sensasi mengaduk adonan kuliner khas Betawi itu karena selama ini hanya bisa menemui dodol yang sudah siap dikonsumsi.

"Kalau lihat orang bikin dodol langsung sudah lama sekali, dulu pas masih SMA terakhir," ungkap warga Jakarta Selatan itu.

Sementara itu, sang penjual, Gapung, mengatakan sengaja memboyong kuali berdiameter 1 meter lengkap dengan adonan dodol untuk menarik minat pengunjung terhadap tenannya. Dalam penyelenggaraan Lebaran Betawi dari tahun ke tahun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Musyawarah DKI memang menghadirkan puluhan tenan penjual kuliner Betawi serta pernak-pernik khas Jakarta. "Iya sengaja. Banyak tenan yang jual dodol tapi cuma tenan saya yang ada kualinya," kata Gapung.

Baca juga: Dishub DKI Minta Pengunjung Lebaran Betawi Taat Parkir di IRTI

Hadirnya kuali dan adonan dodol yang bisa diaduk oleh pengunjung pun cukup membawa berkah, dagangannya laris manis. "Lumayan sih. Sudah banyak yang terjual dari pagi," ungkapnya.

Pengunjung yang tertarik mengaduk dodol langsung di Lebaran Betawi masih memiliki kesempatan hingga besok sore. Sebab, besok menjadi hari terakhir penyelenggaraan Lebaran Betawi di Monas. Tenan dodol Gapung berada tepat sebelum pintu masuk Monas dari arah pusat kuliner Lenggang Jakarta. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More