Sabtu 20 Juli 2019, 15:03 WIB

Lebaran Betawi Sarana Pancing Turis Datang ke Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Lebaran Betawi Sarana Pancing Turis Datang ke Jakarta

MI/SUSANTO
Warga masyarakat berpose dengan model yang berpakaian unik dalam gelaran Lebaran Betawi ke-12 di Monas, Jakarta, Sabtu (19/7).

 

GELARAN Lebaran Betawi 2019 berlangsung meriah di Monumen Nasional sejak Jumat (19/7) malam. Hingga siang ini, warga terus memadati ,baik itu kawasan kuliner Monas, Lenggang Jakarta, maupun Silang Barat Daya yang menjadi lokasi pelaksanaan Lebaran Betawi 2019.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Syaefullah, yang hadir di lokasi mengatakan Lebaran Betawi merupakan sarana untuk menggaet turis, baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Indonesia khususnya Jakarta.

Baca juga: Penyelenggara Lebaran Betawi Targetkan 1 Juta Pengunjung

"Ya, ini untuk menggaet para wisatawan. Saya lihat tadi sudah ada turis asing beberapa yang masuk ke anjungan-anjungan untuk foto-foto. Mudah-mudahan lewat informasi dari mereka bisa menular ke orang-orang di negaranya ketika mereka pulang nanti," ujarnya, Sabtu (20/7).

Acara sengaja dikemas menarik dengan manghadirkan kuliner dan seni tradisional Betawi. Tidak hanya itu, setiap wilayah kota dan kabupaten yang ada membuat sarana anjungan rumah adat dan monumen maupun foto objek wisata yang khas dari tiap wilayah.

"Ya, memang setiap daerah kita minta buat rumah adat dan monumen apa yang unik di wilayah tersebut seperti di Kepulauan Seribu ada kapal. Ini menarik sekali," terangnya.

Di sisi lain, Lebaran Betawi merupakan tradisi Betawi di mana masyarakat Betawi yang mayoritas beragama Islam melakukan perayaan yang masih dalam nuansa Hari Raya Idul Fitri. Untuk itulah acara tersebut dinamakan Lebaran Betawi.

"Saya sejak semalam sudah di sini. Namanya kalau malam sebelum Lebaran Betawi itu 'Malam Mangkat' dalam arti melakukan persiapan dan doa-doa. Karena semalam pun sudah dimulai dengan doa," kata Syaefullah.

Lebaran Betawi masih menyisakan gelaran puncak yakni Parade Defile atau jalan kaki massal yang dilakukan oleh kurang lebih 2ribu peserta yang menggunakan pakaian adat nusantara. Acara puncak akan dihelat hari terakhir yakni besok pukul 08.00 WIB dan direncanakan akan turut dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More