Sabtu 20 Juli 2019, 10:02 WIB

Athena Diguncang Gempa, Jaringan Listrik Putus

Willy Haryono | Internasional
Athena Diguncang Gempa, Jaringan Listrik Putus

AFP/Eurokinissi
Warga berdiri di pusat kota Athena setelah terjadi gempa di Ibu Kota Yunani itu.

 

GEMPA mengguncang ibu kota Yunani, Athena, dan memutus jaringan telepon serta listrik di seantero kota tersebut, Jumat (19/7). Episenter dari gempa berkekuatan magnitudo 5,1 berada sekitar 22 kilometer dari Athena.

Warga Athena berlarian ke jalan usai kota berguncang selama 15 detik. Tidak ada laporan korban jiwa maupun luka serius, namun beberapa gempa susulan terjadi dan dua gedung dilaporkan roboh.

Guncangan susulan terkuat adalah magnitudo 4,3, yang terjadi hampir satu jam usai gempa pertama. Pakar seismolog Yunani memperingatkan akan adanya gempa susulan lainnya.

Kantor jaksa agung dan juga gedung parlemen di Athena retak akibat gempa. Terdapat pula laporan adanya petugas pemadam kebakaran yang menyelamatkan belasan orang di elevator. Belasan orang itu terperangkap di elevator karena tidak adanya aliran listrik.

"Ini adalah gempa yang sangat intens. Kami ketakutan," ucap seorang warga bernama Katerina kepada AFP, Sabtu (20/7).

Seorang perempuan lainnya merasa gempa kali ini terasa seperti "sebuah ledakan.

Baca juga: Studio Animasi Jepang Dibakar, 24 Tewas

Efthymios Lekkas, kepala agensi perlindungan gempa, meminta masyarakat Yunani tetap tenang.

"Tidak perlu khawatir. Bangunan-bangunan di ibu kota didesain untuk bertahan di tengah gempa yang lebih kuat dari sekarang," ungkap dia.

Kuatnya guncangan juga terasa hingga ke Peloponnese di wilayah selatan. Gempa ini adalah kali pertama yang melanda Yunani sejak September 1999.

Sejumlah pakar menyebut episenter gempa terbaru dan 1999 hampir sama, yakni dekat dengan Gunung Parnitha. Gempa magnitudo 6,0 pada 1999 menewaskan 143 orang dan membuat puluhan ribu bangunan rusak.

Pada 2017, dua orang tewas akibat gempa magnitudo 6,7 yang melanda pulau Kos, salah satu situs wisata ternama di Yunani. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More