Sabtu 20 Juli 2019, 08:45 WIB

Jemaah Haji Indonesia Terkenal Sabar

Sitria Hamid Laporan dari Arab Saudi | Haji
Jemaah Haji Indonesia Terkenal Sabar

MI/Sitria Hamid
Jemaah haji Indonesia saat menunggu giliran menuju Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, kemarin.

PEMERINTAH Arab Saudi sering memuji jemaah haji Indonesia ­karena kesopanan dan kerapiannya.

Hal itu terbukti selama pelaksanaan ibadah haji 2019 saat berada di Masjid Nabawi Madinah, Jumat (19/7) dini hari.

Jemaah haji Indonesia sabar menunggu berjam-jam untuk bisa masuk ke Raudhah (area istimewa di Masjid Nabawi). Sebaliknya jemaah haji dari negara lain berlarian saling mendahului ingin masuk ke Raudhah ketika pintu baru dibuka.

“Saya tidak habis pikir, Mbak, begitu kelakuan mereka,” kata Retno, 56, jemaah haji asal Solo, Jawa Tengah.

Seorang polisi perempuan Saudi (askar) berteriak-teriak ke arah jemaah haji Afrika yang mencoba melewati pembatas tali.

Beberapa aksar silih berganti menenangkan jemaah haji Afrika ­tersebut.

Saat berada di area jemaah haji Indonesia, seorang askar berkomentar dalam bahasa Indonesia.

“Ibu duduk, Ibu duduk, Ibu sabar, ya. Ibu sabar, Ibu,” ujarnya.

Jemaah haji Indonesia yang beberapa di antaranya berdiri serta-merta duduk. Ada beberapa yang ­tetap berdiri tenang sambil menunggu giliran. Askar yang mengenakan cadar tersebut memperhatikan seluruh jemaah haji Indonesia yang tetap tenang duduk di karpet. Sang askar mengacungkan dua jempol kepada jemaah haji Indonesia.

“Ibu sabar, ya,” tukasnya.

Retno sudah tiga kali ke Masjid Nabawi untuk bisa masuk ke Raudhah. Meski begitu, hingga menjelang dini hari itu, ia masih tetap mengantre untuk bisa masuk ke lokasi yang dulunya area antara rumah Nabi dan mimbar tempat Rasulullah berkhotbah.

“Saya sabar saja, kita ini mau ibadah, kok. Semua Allah yang atur. Kalau bisa masuk, ya masuk,” cetus Retno semringah walau kedua matanya mulai sayu menahan kantuk.

Hal senada disampaikan Eni, 62. Jemaah haji Embarkasi Solo ini, seusai mengaji, mengatakan dirinya akan mendapatkan giliran masuk Raudhah bila memang sudah waktunya.

Kesabaran Retno dan Eni akhirnya terbayar menjelang pukul 01.00 waktu Arab Saudi ketika pintu Raudhah dibuka dan seluruh jemaah haji yang telah berada di area Indonesia bisa masuk dengan bergiliran.

Para jemaah haji Indonesia telah dengan sabar menunggu di Masjid Nabawi sejak pukul 20.30 waktu Saudi. Bahkan ada yang menunggu sejak pukul 19.00 waktu Saudi untuk bisa masuk ke Raudhah. (X-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More