Jumat 19 Juli 2019, 17:19 WIB

Go-Jek Gandeng Visa untuk Pembayaran dengan Kartu Kredit

 Fetry Wuryasti | Ekonomi
Go-Jek Gandeng Visa untuk Pembayaran dengan Kartu Kredit

DOK GO-JEK
Chief Commercial Officer Gojek Antoine de Carbonnel (kiri), Founder and Global CEO Gojek Nadiem Makarim (tengah).

 

PERUSAHAAN layanan transportasi berbasis aplikasi online Go-Jek menggandeng perusahaan jasa keuangan internasional Visa untuk mengintegrasikan sistem pembayaran transportasi Go-Jek di Asia Tenggara, yaitu di Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Kepala kebijakan publik dan hubungan pemeritah Go-Jek Shinto Nugroho mengatakan kerja sama tersebut menjadi strategi perusahaan untuk mempermudah sistem pembayaran dari penumpang ke mitra pengemudi mereka di Asia Tenggara.

"Di Thailand, misalnya, visa berlaku. Jadi dengan memakai kartu kredit untuk pembayaran, semua terintegrasi," ujar Shinto saat ditemui di Jakarta, Jumat (19/7).

Go-Jek menilai kerja sama dengan visa diperlukan karena sistem deposit pembayaran seperti menggunakan Go-Pay di Indonesia akan berbeda di tiap-tiap negara. Perusahaan, kata dia, berusaha selalu patuh pada peraturan sistem pembayaran yang berlaku di negara tempat perusahaan berekpansi. Pembayaran perjalanan menggunakan Visa ini belum akan berlaku di Indonesia.

"Di Indonesia kami baru umumkan kerja sama dengan Linkaja. Sistem deposit pembayaran di negara-negara berbeda-beda. Maka Visa dimitrakan untuk integrasi, sehingga turis yang pakai Go-Jek, bisa bayar pakai kartu kredit visa," tambahnya.

Namun penerapan pembayaran dengan visa di negara Asia Tenggara pun masih akan memakan waktu terutama untuk integrasi teknikalnya.

"Ini belum akan diterapkan dalam waktu dekat. Masih ada tahapan-tahapannya. Kita masih harus ada integrasi teknikal," tukas Shinto.

Baca juga: Pendapatan Pengemudi Go-Jek Lebihi Upah Minimum di Palembang

Sebelumnya dilansir dari Reuters, Go-Jek baru saja kembali mendapatkan investor baru. Kali ini raksasa sistem pembayaran Visa Inc.

Visa akan bergabung sebagai investor Go-Jek dalam pendanaan seri F yang sedang berlangsung. Tidak diungkap berapa suntikan dana yang diberikan Visa kepada Go-Jek.

"Yang pasti, Go-Jek dan Visa akan berkolaborasi untuk memberikan tambahan opsi pembayaran non-tunai bagi pengguna di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara, kata Visa, seperti dikutip dari Reuters.

Dalam sepekan terakhir sudah ada dua investor besar yang menyuntikkan dana ke Go-Jek dan bergabung dengan pendanaan seri F Go-Jek. Yakni, Mitsubishi Motors & Mitsubishi Corporation dan Siam Commercial Bank Pcl.

Pada awal tahun ini Go-Jek merampungkan pendanan Seri F putaran pertama. Dari aksi korporasi ini Go-Jek mendapatkan suntikan dana segar sebesar US$1 miliar. Suntikan dana ini telah membuat Go-Jek masuk dalam jajaran startup decacorn karena valuasinya di atas US$10 miliar. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More