Kamis 18 Juli 2019, 22:45 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Capai 5,4%

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Capai 5,4%

MI/Atikah Ishmah Winahyu
Bank Indonesia memaparkan kondisi ekonomi Indonesia

 

BANK Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2019 relatif sama dengan pertumbuhan ekonomi pada triwulan sebelumnya.

"Konsumsi swasta tetap baik didukung keyakinan konsumen yang tetap terjaga, investasi bangunan juga tetap tumbuh stabil," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (18/7).

Sementara itu, ekspor Indonesia diperkirakan tumbuh negatif dipengaruhi terbatasnya permintaan dunia dan turunnya harga komoditas akibat berlanjutnya ketegangan hubungan dagang, meskipun ekspor baja naik pada Juni 2019.

Baca juga : Pihak Istana Dorong Mendag RI Tingkatkan Ekspor ke Tiongkok

"Dampak ketegangan hubungan dagang terhadap perlambatan ekspor juga terjadi di sejumlah negara," tutur Perry.

Selanjutnya, ekspor yang kontraksi mendorong penurunan impor dan investasi non-bangunan yang tumbuh terbatas. Perry menilai, ke depan upaya untuk mendorong permintaan domestik, termasuk investasi, perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak negatif perlambatan ekonomi dunia.

Secara keseluruhan, Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 berada di bawah titik tengah kisaran 5,0-5,4%. Untuk itu, BI akan terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri dengan berbagai kebijakan yang akomodatif.

"Bank Indonesia akan menempuh bauran kebijakan dengan pemerintah, dan otoritas terkait untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi," tandas Perry. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More