Kamis 18 Juli 2019, 15:55 WIB

Polisi Geledah Ruang Kerja Kepala Dispora Sumut

Puji Santoso | Nusantara
Polisi Geledah Ruang Kerja Kepala Dispora Sumut

ANTARA/SEPTIANDA PERDANA
Petugas penyidik Ditreskrimsus Tipikor Polda Sumut menggeledah ruangan gedung Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Sumut, Kamis (18/7).

 

SEJUMLAH anggota polisi dari Unit Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreksimsus) Polda Sumatra Utara menggeledah ruang kerja Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatra Utara Baharuddin Siagian di Jalan Pancing, Medan, Kamis (18/7).

\Penggeledahan yang dilakukan Polda Sumut tersebut terkait dugaan korupsi pada pembangunan sirkuit atletik di Pusat Pelatihan dan Latihan Pelajar (PPLP) Tahun Anggaran 2017 Rp4,7 miliar yang menyebabkan kerugian negara hingga sebesar Rp1,5 miliar. 

Pengeledahan kantor Dispora Sumut itu dipimpin Kasubdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut Kompol Roman Smaradhana Elhaj didampingi Kanit Unit IV Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Kompol Hartono.

Sementara itu, Kepala Dusun VIII Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang, Sumatra Utara, Pribadi Karo Sitepu, kepada wartawan mengatakan, dirinya datang ke Kantor Dispora Sumut atas permintaan Petugas Tipikor Polda Sumut untuk mendampingi Petugas Tipikor Poldasu melakukan penggeledahan di kantor Dispora Sumut.

"Saya hanya mendampingi Petugas Tipikor Poldasu dari pukul 09.30 Wib sama pukul 12.00 WIB," ujar Pribadi.

Namun dalam penggeledahan itu tidak ada satu pun barang-barang yang diambil dari ruangan kepala dinas tersebut. 

"Hanya sebatas itu aja yang saya lihat dan selanjutnya saya tidak mengetahuinya," tandas Pribadi Sitepu.

Baca juga: Ketua KPU Sumut dan Nias Barat Dipecat

Terlihat penggeledahan kantor Dispora Sumut yang dilakukan Petugas Subdit III Tipikor Ditkrimsus Polda Sumut mendapat pengawalan ketat dari personil Polsek Percut Sei Tuan dibawah pimpinan Kanit Provost Polsek Percut Sei Tuan, Aiptu Rahman.

Sampai berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari otoritas pejabat berwajib terkait penggeledahan tersebut. Namun kuat dugaan hal ini masih berkaitan dengan kasus dugaan korupsi pengerjaan renovasi sirkuit Tartan atletik PPLP Sumut yang kini sedang ditangani Polda Sumut. 

Pekerjaan renovasi lintasan Sircuit Tartan Atletik Pusat Pelatihan Pelajar (PPLP) provinsi Sumatera Utara itu dikerjakan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumut tahun anggaran 2017 lalu.

Dalam proses pengerjaan ini diduga telah terjadi praktik korupsi yang merugikan negara sebesar Rp. 1, 5 miliar. Dalam kasus ini Polda Sumut juga telah menetapkan beberapa orang tersangka yakni berinisial Suj, 58, warga Jalan Budi Pembangunan III, No 1-F, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat. Sujamrat juga diketahui merupakan pensiunan PNS dari Dinas Pemuda dan Olahraga, Sumatra Utara.

Data yang diperoleh dari Kabid Humas Polda Sumatra Utara, Kombes Tatan Dirsan Atmaja yang diperoleh Media Indonesia beberapa waktu lalu menyebutkan pengerjaan proyek ini diawali dari adanya alokasi pagu anggaran sebesar Rp4,7 miliar ke Dinas Pemuda dan Olahraga. Dana tersebut untuk renovasi sirkuit yang terletap di PPLP Sumut, Jalan Pembangunan, Kelurahan Sunggal, Medan Sunggal. (A-4)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More