Kamis 18 Juli 2019, 13:50 WIB

Ikut #AgeChallenge? Jangan Lupa Bahaya Privasinya

Bintang Krisanti | Weekend
Ikut #AgeChallenge? Jangan Lupa Bahaya Privasinya

Instagram @agnezmo
Penyanyi Agnes Monica ikut viral tantangan age challenge.

SEJAK kemarin, tantangan #AgeChallenge atau #FaceAppChallenge viral di media sosial. Tantangan itu mengajak orang mengunggah foto wajah yang dibuat jauh lebih tua dengan menggunakan aplikasi di gawai.

Tantangan itu begitu viral hingga selebritas dunia seperti Rihanna dan Ariana Grande ikut menggunggah foto tua mereka. Dari Indonesia, Agnes Monica hanyalah salah satu seleb yang ikut meramaikan tantangan ini.

Aplikasi pengubah tampilan wajah memang sudah banyak, namun tantangan ini viral terutama karena pembaharuan dari aplikasi FaceApp. Aplikasi buatan pengembang asal Rusia, Wireless Lab, pertama diluncurkan 2017 dan baru-baru ini filternya diperbaharui dengan penggunaan mesin kecerdasan buatan (artificial intellingence/AI).

Hasilnya, pengubahan tampilan wajah anda pun semakin tampak natural.
Tidak heran, banyak orang yang merasa terkejut ketika mendapati wajah tua mereka mirip dengan orang tua atau bahkan kakek-neneknya.

Jika anda termasuk yang ikut tantangan ini, jangan lupa menggunakannya dengan waspada. Sebab sebagaimana tercantum pada bagian 'ketentuan penggunaan' (terms of service), aplikasi yang tersedia di Android dan Ios tersebut memiliki wewenang untuk menggunakan data pengguna. Mereka dapat menggunakan, mempublikasikan kembali hingga melakukan perubahan terhadap foto-foto anda. Mereka juga dapat membagi data anda kepada mitra mereka.

Saat pertama diluncurkan, persoalan tentang privasi ini pun sudah menjadi bahasan di The Washington Post. Namun hingga kini tampak belum ada perbaikan dari Wireless Lab. Aplikasi lainnya juga mungkin memiliki permasalahan yang sama. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya. (Bussinestoday/M-1)

Baca juga: Aplikasi Kamera Google Translate Kini Bisa Lebih dari 100 Bahasa

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More