Kamis 18 Juli 2019, 14:00 WIB

Satu Tewas Saat Studio Animasi di Jepang Dibakar

mediaindonesia.com | Internasional
Satu Tewas Saat Studio Animasi di Jepang Dibakar

AFP
Gedung tiga lantai di Kyoto yang dibakar secara sengaja.

 

Sebuah dugaan serangan pembakaran di sebuah studio animasi di Jepang pada Kamis (18/7) menewaskan satu orang dan puluhan lainnya luka-luka, beberapa dari mereka mengalami luka serius.

''Kebakaran di Kota Kyoto tampaknya dilakukan dengan sengaja,'' kata polisi. Tetapi polisi tidak mendapat informasi segera mengenai kemungkinan motif serangan pembakaran ini.

Kobaran api mengeluarkan asap putih tebal dari jendela gedung tiga lantai itu.

"Setidaknya satu orang tak dikenal dipastikan tewas," kata juru bicara pemadam kebakaran kepada AFP. ''Dengan 35 orang lainnya terluka, 10 di antaranya serius, tambahnya.

"Operasi penyelamatan sedang berlangsung, dan kami berusaha membawa beberapa korban yang terperangkap di dalam gedung berlantai tiga, termasuk yang mungkin tidak dapat bergerak sendiri," kata juru bicara departemen pemadam kebakaran kedua. "Kami tidak dapat segera menentukan kondisi mereka," katanya, menambahkan bahwa api masih menyala, beberapa jam setelah itu dimulai.

Pemadam kebakaran mengatakan menerima panggilan sekitar pukul 10:35 pagi tentang kebakaran di studio milik Kyoto Animation.

"Penelepon melaporkan telah mendengar ledakan keras dari lantai pertama Kyoto Animation dan melihat asap," kata seorang juru bicara pemadam kebakaran.

Polisi mengatakan mereka masih menyelidiki penyebab kebakaran tetapi itu diduga pembakaran. "Seorang pria melempar cairan dan membakarnya," kata juru bicara polisi prefektur Kyoto kepada AFP.

Lembaga penyiaran publik NHK melaporkan bahwa seorang pria telah ditahan sehubungan dengan pembakaran itu dan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

Dilaporkan bahwa tersangka telah menuangkan zat mirip bensin di sekitar gedung dan mengatakan 'kamu mati!' sambil membakar gedung.

Tetapi tidak ada rincian langsung tentang motif apapun untuk pembakaran yang dicurigai itu. Saksi mata menggambarkan kobaran api yang kuat.

"Api itu berkobar kencang. Aku melihat nyala api merah menyala,'' kata seorang saksi mata.

Seorang wanita yang tinggal di dekat gedung itu mengatakan kepada Kantor Berita Kyodo bahwa dia telah melihat setidaknya satu orang terluka di luar gedung.

"Seseorang dengan rambut hangus sedang berbaring dan ada jejak kaki berdarah," kata pria 59 tahun itu kepada reporter berita lokal.

Tidak ada pernyataan langsung dari studio yang menghasilkan beberapa serial anime televisi terkenal, termasuk 'The Melancholy of Haruhi Suzumiya' dan 'K-ON!' itu.

"Kami sedang dalam proses mempelajari apa yang terjadi," kata seorang wanita yang menjawab telepon di kantor pusat perusahaan di Kota Uji di wilayah Kyoto. "Kami tidak bisa memberitahumu apa-apa lagi," tambahnya. (AFP/OL-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More