Rabu 17 Juli 2019, 18:17 WIB

Laba Bank Mandiri Capai Rp13,5 Triliun di Semester I 2019

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Laba Bank Mandiri Capai Rp13,5 Triliun di Semester I 2019

MI/Panca Syurkani
Layanan perbankan di Bank Mandiri

 

PT Bank Mandiri (Persero) mencatatkan laba bersih sebesar Rp13,5 triliun atau tumbuh 11,1% year on year (yoy) pada triwulan II atau semester I 2019. Pertumbuhan ini disertai oleh kualitas kredit yang semakin membaik dengan nonperforming loan (NPL) gross sebesar 2,59% atau turun 54 bps dari tahun lalu.

"Capaian ini didorong oleh pertumbuhan bisnis yang lebih sustain ditandai dengan pertumbuhan rata-rata kredit bank only 12,1% yoy atau mencapai Rp690,5 trilliun pada Juni 2019," tutur Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi dalam Paparan Publik Kinerja Keuangan Triwulan - II 2019, di Plaza Mandiri, Rabu (17/7).

Dia mengungkapkan, pencapaian laba bersih Bank Mandiri berkat kontribusi kenaikan pendapatan bunga sebesar 14,85% yoy menjadi Rp44,5 triliun, penurunan biaya cadangan kerugian, penurunan nilai (CKPN) sebesar 21,28%, serta diiringi dengan perbaikan kualitas kredit dan pengendalian biaya operasional yang berhasil ditekan hingga tumbuh terkendali di single digit.

"Penurunan NPL gross menjadi 2,59% disebabkan oleh pengendalian manajemen risiko dan perbaikan kualitas kredit di hampir seluruh segmen bisnis," jelasnya.

Rasio NPL gross ini merupakan level terendah yang berhasil dicapai sejak triwulan III 2015. Hery menambahkan, strategi pertumbuhan Bank Mandiri kini lebih mengutamakan sustainabilitas jangka panjang.

"Pengukuran kinerja tidak semata-mata diukur dari angka akhir periode (ending balance), melainkan menggunakan saldo rata-rata (average balance)," tuturnya. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More