Rabu 17 Juli 2019, 20:10 WIB

Wah, Lagu Can You Feel The Love Tonight Sempat Nyaris Tak Eksis

Irana Shalindra | Weekend
Wah, Lagu Can You Feel The Love Tonight Sempat Nyaris Tak Eksis

AFP
Elton John

Hari ini, Lion King dikenal sebagai salah satu rekaman Elton John yang menghimpun jutaan dolar dan jawara Oscar. Namun, sebelum sejarah itu terukir, ternyata ada sejumlah kendala yang membuat Elton John, dan juga lagu hit Can You Feel The Love Tonight, nyaris tak eksis dalam Lion King.


Adalah penulis lirik Tim Rice yang menginisiasi kolaborasi Disney dan Elton John, dan mengupayakannya terwujud. Rice menginginkan atmosfee rock dalam soundtrack untuk fitur animasi Disney berikutnya, dan - setelah sebelumnya bekerja sama menulis lagu Legal Boys untuk album Elton John pada 1982, Jump Up!,  ia tahu di mana mendapatkannya.


Saat itulah masalahnya dimulai. Roy E. Disney, yang saat itu menjadi wakil komisaris perusahaan yang menyandang nama pamannya, lebih suka kisah pencarian jati diri ini bernuansa dokumenter. Di samping itu, dia bukan penggemar Elton John.


"Saya tidak akan menyebut diri saya seorang penggemar," tutur mendiang Disney kepada Los Angeles Times pada 1994." Kami banyak bercanda bahwa pengetahuan saya tentang musik populer berhenti ketika Glenn Miller setop melakukan rekaman. Setidaknya itulah yang dikatakan anak-anak saya kepada saya."


Lagi pula, tidak ada seorang pun di studio (Disney) yang mengira John akan menyetujuinya. Bintang pop dengan nama sebesar Elton tidak pernah meminjamkan nama mereka untuk proyek Disney (maaf untuk Peggy Lee untuk Lady and Tramp).


Rice bahkan sempat mendekati ABBA juga, tetapi mereka tengah sibuk mengerjakan musikal mereka sendiri.


"Lucu, ketika Anda menjadi mapan dan Anda lebih tua, orang takut meminta Anda untuk melakukan sesuatu. Mereka berkata, 'Oh, dia tidak akan melakukan itu.' Seperti ketika Tim Rice mengontak saya untuk melakukan The Lion King pada1993, itu mengubah arah karier saya, " kisah John kepada Famecrawler pada 2011.


"[Tim berkata,] 'Disney mengatakan Anda tidak akan pernah melakukan ini. Tapi Anda adalah teman saya dan saya memberi tahu mereka bahwa Anda akan melakukannya.' Saya berkata, 'Tim, saya pernah bekerja dengan Anda sebelumnya. Tentu saja saya akan melakukannya.'"


Mereka mulai mengirim ide bolak-balik, via faks, ketika Rice bekerja dengan penulis skenario Disney di Los Angeles sementara John mencoba pendekatan musik yang berbeda di Inggris.


Pada akhirnya, mereka menghasilkan lima lagu baru untuk soundtrack, termasuk "Circle of Life," "Hakuna Matata" dan "Can You Feel the Love Tonight" yang dinominasikan untuk Academy Awards; "Can You Feel the Love Tonight" meraih Oscar untuk lagu asli terbaik, dan album ini terjual lebih dari 10 juta kopi.


Tetapi operan awal mereka, tak berjalan mulus. "Kalau dipikir-pikir, saya tahu sekarang, mereka tidak terlalu bersemangat tentang lagu demonya," kata Rice kepada Los Angeles Times. "Kami memiliki demo yang indah dari Elton menyanyikan 'Can You Feel the Love Tonight,' tapi itu Elton yang bernyanyi di piano. Saya tidak berpikir mereka bisa mengaitkannya dengan para karakter. ... Mereka merasa seperti, 'Oh, kami mendapatkan jejak Elton John.' Saya tahu mereka tidak, tetapi mereka tidak tahu itu."


"Ada lompatan keyakinan tertentu," kata Disney saat itu, "bahwa kita harus menunggu dan mendengar aransemen yang lengkap."


Kemudian, ada ketidaksepakatan lain, beberapa cukup serius, di sepanjang pros. Untuk satu hal, John cemaa terhadap "Hakuna Matata." Dia khawatir bahwa lagu itu, berdasarkan pada frase lepas untuk menangkap imajinasi Rice karena pesan dan suaranya yang lirih, akan merusak makna lagu-lagu yang menyentuh hati. "Saya duduk di sana dengan deretan lirik yang dimulai, 'Ketika saya babi hutan muda,'" John memberi tahu majalah Time pada 1995, "dan saya berpikir, 'Apakah sudah begini?'


"Can You Feel the Love Tonight" adalah lagu pertama yang Rice dan John mulai kerjakan, dan lagu pertama yang harus diselesaikan. "Anda harus memiliki balada nan emosional. Iu adalah tempat yang baik untuk memulai," kata Rice kepada Vulture pada 2014.


"Jika Anda merasa memiliki satu lagu yang kuat yang terkunci, Anda akan mendapatkan sisanya. Setelah memiliki satu kesuksesan besar dengan [Aladdin's] 'A Whole New World,' [Disney] sangat ingin mendapatkan lagu yang akan memiliki pengaruh emosional yang sama. "


Kemudian studio pergi dan memiliki meerkat dan babi hutan yang sama itu, keduanya merupakan tambahan film yang terlambat untuk memberikan nuansa komikal, menyanyikan "Can You Feel The Love Tonight" -alih-alih Simba dan Nala, sepasang singa muda yang sedang jatuh cinta-- seperti yang ditunjukkan di credit title terakhir.


"Oh, kami merekam seluruh lagu," ujar aktor Ernie Sabella, yang menyuarakan babi hutan Pumbaa, kepada CinemaBlend pada tahun 2017. "Itu tidak muncul karena Elton John berkata, 'Saya tidak ingin babi hutan yang besar dan bau menyanyikan lagu cinta saya!'"


Pada saat Lion King siap untuk pemutaran awal, John mengatakan lagu itu telah diedit seluruhnya. Sekali lagi, dia mendesak Disney.


"Saya ingat [CEO Disney] Jeffrey Katzenberg menunjukkan kepada saya The Lion King sekitar empat minggu sebelum keluar, dan tidak ada 'Can You Feel the Love Tonight,'" John mengatakan kepada The Wrap pada 2012.


 "Saya sangat marah, dan saya bilang begitu. Akhirnya dia memasukkannya kembali dan lagu itu memenangkan Oscar. "


Lebih dari itu, The Lion King menjadi album soundtrack terlaris untuk film animasi dalam sejarah AS, yang kini diremake dengan dibintangi oleh Donald Glover, Seth Rogen, Beyonce dan James Earl Jones, yang belakangan digantikan peran aslinya sebagai Mufasa .


Ini juga merupakan album vinil terlaris era SoundScan. John menjauh dari lagu-lagu khusus film ini dalam konser, kecuali untuk rendering sesekali "Circle of Life." Namun, sebuah proyek yang hampir tenggelam berkali-kali itu ia akui sebagai salah satu pencapaian kariernya. 


"Lion King mengubah hidupku," John kemudian memberi tahu Rolling Stone. "Itu memberi saya kesempatan untuk menulis untuk panggung. Setelah itu saya menulis Aida, saya menulis Billy Elliot dan The Vampire Lestat. Empat panggung musikal. Sebelum itu saya hanya melakukan rekaman, video, dan tur. Tentu saja, tidak ada yang tahu Lion King akan sebesar ini. Saya sangat bangga terlibat di dalamnya, dan saya berterima kasih kepaea Tim Rice." (Ultimateclassicrock.com/M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More