Rabu 17 Juli 2019, 16:09 WIB

6 Kasus Diduga Terkait Motif Penyerangan Novel Baswedan

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
6 Kasus Diduga Terkait Motif Penyerangan Novel Baswedan

MI/ROMMY PUJIANTO
Penyidik KPK Novel Baswedan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/6)

 

TIM Pakar Pencari Fakta (TPF) kasus Novel Baswedan dalami enam kasus yang melibatkan pejabat penting. TPF merinci bahwa 5 kasus diantaranya terkait kasus korupsi yang ditangani Novel. Sedangkan, satu kasus lainnya hanya terkait dengan Novel Baswedan.

"Pertama, kasus KTP-E. Kedua, kasus yang menjerat mantan ketua MK Achil Mochtar (kasus daging sapi). Ketiga, kasus Sekjen Mahkamah Agung, Kasus Bupati Buwol, dan kasus wisma atlet," kata anggota Tim Pakar TPF, Nurkholis, di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (17/7).

Baca juga: Kapolri Diminta Bentuk Tim Dalami 3 Orang di Kasus Novel Baswedan

Kasus terakhir yang terkait Novel hanya sebatas potensi, dan tidak berkaitan dengan pekerjaan Novel sebagai penyidik.

"Satu lagi, ini kasus yang tidak dalam penanganan KPK tetapi memiliki potensi. Kasus ini mungkin tidak terkait pekerjaan beliau dan teman-teman di KPK. Tapi mungkin ini terkait beliau, yakni kasus sangkar burung walet di Bengkulu," ujar Nurkholis.

Keenam kasus tersebut, Nurkholis meminta, untuk ikut didalami oleh Tim Teknis yang akan dibentuk untuk melanjutkan penyidikan kasus penyiraman air keras ini.

"Semua kasus ini mesti didalami, karena rata-rata kasus teman teman di KPK kasus high profile," pungkas Nurkholis.

Tetapi TPF tidak menuntut kemungkinan adanya kasus yang perlu didalami seperti halnya kasus simulator SIM.

"Kasus simulator SIM juga termasuk didalam Tim cuman yang didalam baru 6 oleh karena itu kita tidak terbatas oleh 6 kasus yang diperiksa," tutupnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More