Rabu 17 Juli 2019, 08:45 WIB

Media Group Inisiasi Konten Kreatif Bareng Korea

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Media Group Inisiasi Konten Kreatif Bareng Korea

MI/AGUS M
CEO Media Group News M Mirdal Akib (ketiga dari kanan) berjabat tangan bersama CEO of UA Media Group Korea Kab Woo Lee (ketiga dari kiri)

 

MEDIA Group News, Bimantara Citra, dan Universal Artis Media Group Korea (perusahaan asal Korea Selatan) berkolaborasi membentuk UA Media Indonesia, sebuah joint venture untuk pengembangan konten kreatif.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan head of agreement (HoA) yang dilaksanakan CEO Media Group News Mirdal Akib, Presiden Direktur Bimantara Citra Arif Danudarda Tachril, dan CEO UA Media Group Kab Woo Lee di Kantor Media Group, Jakarta, kemarin.

Momentum awal kolaborasi itu disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Duta Besar Korsel untuk Indonesia Kim Chang-beom.

"Media Group News akan memaksimalkan hubungan ini untuk mendorong pengembangan inovasi dalam entertainment industry, terutama dalam broadcasting dan teknologi digital," papar Mirdal.

Ia berharap kerja sama itu dapat menjadi sebuah terobosan dalam dunia hiburan di Tanah Air yang tentunya semakin dinamis.

Sebagai mitra, Kab Woo Lee menyebut Indonesia adalah sebuah negara mitra yang sangat penting bagi Korsel. Indonesia juga memiliki budaya yang begitu beragam sehingga berpotensi besar untuk dikembangkan bersama. "Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dalam kerja sama ini," tuturnya.

UA Media Indonesia diharapkan dapat mendongkrak pendapatan ekonomi dua negara itu, sekaligus menjadi wadah untuk berbagi segala bentuk informasi, budaya, dan teknologi yang dimiliki.

Belajar dari Korsel

Dalam sambutannya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pemerintah terus mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam menopang perekonomian nasional. Tidak hanya terpaku pada produk-produk berupa barang, tetapi juga jasa seperti hiburan dan pendidikan.

"Momentum ini yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Lakukan terobosan, kembangkan industri hiburan. Tentu itu akan membantu pertumbuhan ekonomi Tanah Air," ujar Enggartiasto.

Saat ini, konten hiburan merupakan produk yang begitu diminati, terlebih di Indonesia yang akan segera didominasi generasi milenial beberapa tahun ke depan.

Untuk mengembangkan produk itu, ia menyebut para pelaku usaha di Tanah Air bisa belajar dari Korea Selatan (Korsel) yang sudah sangat sukses di industri hiburan.

Bekerja sama dengan Universal Artis Media Group Korea, Media Group News akan menyediakan kanal khusus berisikan konten-konten kreatif asal Korsel.

Untuk tahap awal, drama-drama korea akan menghiasi kanal tersebut. Kemudian ke depannya, kedua belah pihak akan memproduksi bersama konten berupa drama serial yang melibatkan para pelaku hiburan dari Indonesia.

"Terobosan seperti ini yang memang seharusnya dilakukan. Harus berani mengambil kesempatan dengan menjadi yang pertama," tutur Enggartiasto.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif pada 2018 mencapai Rp1.100 triliun. Tumbuh cukup signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp1.000 triliun.

Ditargetkan di tahun ini, PDB ekonomi kreatif dapat mencapai Rp1.211 trilun atau 9,6% lebih tinggi dari 2018. (E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More