Rabu 17 Juli 2019, 09:10 WIB

Mulan Jameela Minta Diloloskan ke Senayan

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Mulan Jameela Minta Diloloskan ke Senayan

ANTARA FOTO/Moch Asim
Caleg Partai Gerindra yang juga isteri Ahmad Dhani, Mulan Jameela.

 

SEBANYAK 14 calon legislatif dari Partai Gerindra melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Artis Mulan Jameela diketahui menjadi salah satu dari penggugat.

Menurut Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Achmad Guntur, gugatan perdata itu dilayangkan dengan tergugat Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra terkait persoalan penetapan anggota legislatif.

Guntur menjelaskan para penggugat mendesak agar Partai Gerindra menetapkan 14 orang tersebut sebagai anggota legislatif DPR RI dari Partai Gerindra.

"Jadi mereka menggugat agar ditetapkan jadi anggota legislatif dari Partai Gerindra," ujar Guntur, saat dimintai konfirmasi, kemarin.

Selain Mulan, nama caleg Gerindra lainnya yang menggugat ialah keponakan Prabowo, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Selain itu ada pula Seppaiga, Nuraina, Pontjo Prayogo SP, Adnani Taufiq, Adam Muhammad, Prasetyo Hadi, Siti Jamaliah, Sugiono, Katherine A Oe, Li Claudia Chandra, Bernas Yuniarta, dan dr Irene.

Di kesempatan terpisah, dalam sidang sengketa pemilihan legislatif di Mahkamah Konstitusi, kemarin, Komisi Pemilihan Umum menilai permohonan yang diajukan caleg DPR RI Partai Gerindra Rahayu Saraswati dari Dapil DKI Jakarta II tidak layak dilanjutkan ke sidang pembuktian. Alasannya, antara lain, permohonan itu tidak berkedudukan hukum karena melewati tenggat pengajuan.

Dalil pemohon atas pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif dalam pelaksanaan Pileg 2019 Dapil DKI Jakarta II, lanjut kuasa hukum KPU Absar Kartabrata, juga tidak tepat. Pasalnya, pemohon tidak mempersoalkan masalah itu ke Bawaslu yang memiliki kompetensi untuk menyelesaikan sengketa tersebut. (Ins/Uta/P-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama.

Di Tengah Wabah Korona, Besok DPR tetap Bersidang

👤 Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Maret 2020, 20:30 WIB
Ia menjamin pembahasan rancangan undang-undang juga akan tetap berjalan, termasuk prioritas yang telah ditetapkan sebelumnya seperti...
MI/SUPARDJI RASBAN

Pemerintah harus Secepatnya Karantina Wilayah

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:31 WIB
Indonesia tak mengenal istilah lockdown. Tapi Indonesia mempunyai konsepnya sendiri yaitu karantina...
Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

KSP: Legitimasi Perppu Penundaan Pilkada Harus Kuat

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:04 WIB
Menurut Sigit, apapun opsi yang akan diambil oleh KPU, termasuk apabila nantinya pemerintah menerbitkan Perppu, legitimasinya harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya