Rabu 17 Juli 2019, 08:15 WIB

Teknis Formula E belum Dibahas

SSR/J-2 | Megapolitan
Teknis Formula E belum Dibahas

David Dee Delgado/Getty Images/AFP
Ilustrasi -- Pembalap Formula E Racing Championship

 

MELALUI akun Instagram-nya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memberitahukan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah lomba balap Formula E. Lomba ini mirip dengan Formula 1, tapi kendaraan yang dipakai bertenaga listrik. Rencananya lomba akan digelar pertengahan 2020.

Sudah ada kesepakatan antara Anies Baswedan dan panitia penyelenggara Formula E, tapi belum ada tindak lanjut pembahasan tentang hal ini secara teknis.

"Ya, belum ada diskusi penyelenggara Formula E dengan Pemprov DKI. Justru kita lagi menunggu tim penyelenggara. Eksekusinya sih enggak terlalu sulit bagi saya. Yang penting nanti speknya kayak apa," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, di Jakarta, Selasa (16/7).

Tentu saja diperlukan pembahasan lebih lanjut mengingat kondisi jalan yang akan dijadikan trek belum pernah dipakai lomba balap. "Secara teknis belum dibahas (trek balapan). Biasanya nanti akan ada technical meeting tentang jalan. Treknya harus begini. Maksudnya ada spesifikasi tertentu. Tinggal nanti kita sesuaikan, kita layering (lapis) lagi atau mesti ditambah apa," ungkap Hari.

Adapun panitia penyelenggara Formula E sudah meninjau beberapa jalanan Jakarta yang dimungkinkan untuk dijadikan trek balapan pada 8 Juli. Namun, lokasi yang dipilih dan standar jalanan belum ada pembahasan.

Sementara itu, proses pembahasan trek jalanan akan memerlukan waktu yang cukup lama karena harus menyesuaikan standar jalanan balapan agar bisa dilintasi dengan aman. Dinas Bina Marga DKI Jakarta dalam hal ini siap mendukung perbaikan jalanan sesuai standar yang ditetapkan. "Jadi, proses masih panjang, tapi untuk perbaikan jalan enggak butuh waktu lama. Speknya kan paling jalan raya saja. Nanti daerah mana yang bergelombang, tinggal kita layering saja," tutupnya. (SSR/J-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More