Rabu 17 Juli 2019, 09:45 WIB

Gara-Gara Lobster, Menteri Prancis Mengundurkan Diri

Basuki Eka Purnama | Internasional
Gara-Gara Lobster, Menteri Prancis Mengundurkan Diri

AFP/JOEL SAGET
Francois de Rugy

 

SEORANG menteri senior Prancis yang juga merupakan sekutu dekat Presiden Emmanuel Macron, Selasa (16/7), mengundurkan diri setelah dituding makan malam mewah dengan menu lobster menggunakan dana negara serta menyalahgunakan dana perumahan publik.

Fracois de Rugy yang ditunjuk menjadi menteri lingkungan hidup pada September 2018 mengumumkan pengunduran dirinya, sepekan setelah, berita makam malam mewah itu dilansir laman daring sayap kiri Mediapart.

"Serangan dan penghakiman di media yang menargetkan keluarga saya memaksa untuk mengundurkan diri," ujar de Rugy.

Elysee Palace, Selasa (16/7) malam, mengumumkan Menteri Transportasi Elisabeh Borne akan menggantikan posisi de Rugy sebagai menteri lingkungan hidup.

Baca juga: Prancis Terapkan UU Pajak Digital, AS Meradang

De Rugy menjadi sorotan publik setelah Mediapart melansir foto dirinya bersama istri menikmati makan malam mewah lengkap dengan sampanye dan lobster kala menjabat sebagai ketua parlemen pada 2017.

Laman daring itu menyebut makan malam itu dibiayai oleh uang negara.

Mediapart juga melaporkan de Rugy juga menyewa sebuah aparteman di dekat Kota Nantes di kompleks yang seharusnya diperuntukan untuk pekerja berpenghasilan rendah.

Namun gambar lobster gemuk di piring menjadi pukulan paling telak bagi de Rugy saat Prancis masih terguncang menghadapi demonstrasi rompi kuning. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More