Selasa 16 Juli 2019, 19:23 WIB

Gubernur NTB Pastikan Mandalika Siap Gelar MotoGP 2021

MICOM | Olahraga
Gubernur NTB Pastikan Mandalika Siap Gelar MotoGP 2021

Istimewa
Gubernur NTB (tengah) mengikuti rapat terbatas di Istana Merdeka.

GUBERNUR Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (15/7) lalu. Zulkieflimansyah memastikan Nusa Tenggara Barat siap menggelar MotoGP di Kawasan Mandalika, Lombok.

"Kawasan Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP pada 2021 dan Pak Jokowi ingin memastikan bahwa infrastruktur tahun depan akan selesai semua," papar Zulkieflimansyah dalam keterangan yang diterima Media Indonesia, Selasa (16/7).

Baca juga: Gregoria Amankan Posisi Tunggal Putri Menuju Babak Kedua

Rapat terbatas tersebut, lanjut dia, juga melahirkan sejumlah kebijakan baru untuk NTB. Zulkieflimansyah juga berharap pembangunan kawasan Mandalika akan meningkatkan perekonomian masyarakat di provinsi tersebut.

“Dengan adanya Moto GP, turis-turis lokal maupun mancanegara pasti semakin banyak yang berkunjung ke NTB. NTB sendiri saat ini juga sudah mempersiapkan fasilitas untuk turis-turis yang berkunjung, semoga pembangunan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya.

Zulkieflimansyah mengakui masih ada kendala terkait pembebasan lahan tapi hal itu masih dalam kendali. Pihaknya telah menyosialisasikan kepada masyarakat terkait Undang-Undang (UU) No 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

"Apa yang kami dirikan adalah untuk kepentingan umum maka harga tanah harus sesuai dengan harga pasar jadi tidak boleh terlalu tinggi di atas pasar," tambahnya.

Gubernur NTB juga memastikan pembangunan kawasan Mandalika bisa selesai sebelum MotoGP dimulai. “Pembangunan Mandalika tahun depan harus sudah selesai dan Oktober tahun ini kami mulai proses. Sirkuit di Mandalika nanti tidak seperti sirkuit pada umumnya, jadi kami akan mendesain jalan raya untuk dijadikan sirkuit seperti di Singapura."

Ia pun mendapat kabar bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengalokasikan tambahan dana sebesar Rp6,5 triliun untuk empat destinasi wisata. Empat destinasi wisata tersebut adalah Toba, Mandalika, Borobudur dan Labuan Bajo.

Menteri Pariwisata Arif Yahya, lanjut dia, juga sedang mengusahakan direct flight dari Darwin Australia ke Lombok. (*/A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More