Selasa 16 Juli 2019, 18:28 WIB

Kemenkumham Sebut Pemindahan Novanto Wewenang Kanwil Jabar

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Kemenkumham Sebut Pemindahan Novanto Wewenang Kanwil Jabar

MI/Ramdani
Terpidana kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto

 

KEPUTUSAN mengembalikan terpidana kasus KTP-e Setya Novanto ke Lapas Sukamiskin merupakan kewenangan Divisi Pemasyarkatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami meyakini keputusan Divisi Kemenkum HAM daerah tersebut pasti memiliki alasan yang kuat dan pertimbangan matang. Termasuk soal mengembalikan Novanto ke Lapas Sukamiskin, Bandung.

“Pemindahan dalam suatu wilayah menjadi kewenangan kanwil. Pemindahan yang bersangkutan tentu ada alasan yang tepat untuk dilakukan,” ujar Sri ketika dihubungi, Selasa, (16/7).

Baca juga: Setnov Kembali ke Sukamiskin

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarkatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Abdul Aris, mengatakan pemindahan dilakukan setelah sebelumnya dilakukan penilaian perilaku. Penilaian dilakukan dengan melibatkan psikolog.

Selain itu, pemindahan dilakukan dengan pertimbangan kesehatan Novanto yang membutuhkan lokasi penahanan yang dekat dengan rumah sakit.

"Iya karena dia sakit, untuk pengobatannya lebih representatif di Sukamiskin ketimbang di Rutan Gunung Sindur,” ujar Aris.

Novanto dipindahkan sel isolasi di Lapas Gunung Sindur untuk memberikan efek jera setelah berpelesir tanpa izin pada pertengahan bulan lalu. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More