Selasa 16 Juli 2019, 16:30 WIB

Anak-Anak Pencari Suaka Butuh Buku Cerita dan Area Bermain

Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan
Anak-Anak Pencari Suaka Butuh Buku Cerita dan Area Bermain

MI/ROMMY PUJIANTO
Aktifitas para pencari suaka di lingkungan penampungan yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta di Gedung Eks Kodim Kalideres, Daan Mogot

 

SEJUMLAH petugas sosial dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta melakukan kegiatan belajar bersama anak-anak para pencari suaka di pengungsian yang berlokasi di eks Gedung Komando Militer (Kodim) Kalideres, Jakarta Barat.

Selama melakukan kegiatan, petugas sosial yang terlibat dalam kegiatan tersebut menyebut anak-anak di tempat pengungsian membutuhkan buku-buku bacaan, guru pengajar yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris maupun bahasa asal para pengungsi hingga area bermain.

"Kita sedang melihat apa yang mereka butuhkan, sejauh ini kita lihat mereka sepertinya butuh buku-buku cerita bahasa Inggris dan juga guru-guru yang bisa bahasa Inggris dan bahasa asal mereka agar dapat belajar, mereka juga butuh alat-alat mainan serta area bermain," kata Petugas Sosial Provinsi DKI Muhammad Kurniawan di eks Gedung Kodam Kalideres, Jakarta, Selasa (16/7).

Pihaknya akan melakukan komunikasi kepada jajaran pimpinan Dinsos ihwal kebutuhan anak-anak para pencari suaka tersebut.

"Ke depannya kita akan komunikasi lagi kepada Dinas Sosial khususnya bagian perlindungan sosial, untuk kebutuhan dari anak-anak ini semoga bisa terpenuhi dengan lintas sektoral yang lain," ucapnya.

Baca juga: Dinsos DKI Ajak Anak-Anak Pencari Suaka Belajar

Ia juga mengatakan perlu ada kerja sama dengan instansi lain untuk memenuhi kebutuhan dari anak-anak di pengungsian tersebut.

"Harus ada kerja sama dengan instansi lain dengan dinas pendidikan maupun swasta atau pemerhati anak. Agar mereka dapat membantu dinas sosial untuk anak-anak di sini dapat nyaman, aman dan senang gitu, " imbuhnya.

Kurniawan pun berharap anak-anak tidak merasa stres dan dapat terhibur dengan kegiatan ini.

"Harapannya anak-anak terhibur dan tidak stres serta terpenuhi psikologis dan sosialnya. Semoga mereka nyaman berada di penampungan sementara ini. Kita juga berharap mereka bisa saling berinteraksi dengan anak-anak lain, dapat saling bercerita," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More