Selasa 16 Juli 2019, 14:10 WIB

Aliran Dana Fintech Naik 700 Persen dalam Satu Tahun

Atalya Puspa | Ekonomi
Aliran Dana Fintech Naik 700 Persen dalam Satu Tahun

ANTARA
Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi

 

DIREKTUR Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi menyatakan seiring dengan perkembangan teknologi, pertumbuhan industri financial technology (fintech) di Indonesia sangat lah menjanjikan. Hal itu terlihat dari naiknya dana yang tersalur dari fintech hingga 700% dalam satu tahun terakhir.

"Pada 2017 dana tersalurkan Rp2,56 triliun. Tahun 2018 total dana tersalurkan senilai Rp22,67 triliun, naik 700%. Dengan demikian, industri fintech memiliki potensi besar dan berkontribusi meningkatkan inklusi keuangan," kata Inarno di Gedung BEI, Jakarta Pusat, Selasa (16/7).

Kendati demikian, dirinya melihat adanya risiko besar dalam dunia fintech di Indonesia. Untuk itu, demi memberikan rasa aman kepada pengguna maupun penyedia jasa fintech, BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama membuat regulasi terkait aturan main fintech di Indonesia.

Komisaris Utama OJK Wimboh Santoso mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan Peraturan OJK No.13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan.

"Fintech ini sebagai peluang. Tapi risikonya harus kita mitigasi sehingga kita mengeluarkan PJOK 2018 pada April yang mengatakan bahwa seluruh perusahaan fintech harus ikuti guiding principal kita," kata Wimboh.

Baca juga: Air Asia Akan Bertransformasi jadi Perusahaan Fintech

Wimboh menambahkan pihak penyedia harus menerapkan prinsip transparan, dalam arti identitas pengguna maupun penyedia harus jelas dan benar.

Selain itu, pihaknya juga menuntut penyedia produk fintech untuk memiliki komitmen tinggi dalam melakukan bisnis serta memiliki kapasitas untuk berkembang jangka panjang.

"Ketiga, tidak boleh mengakali customer. Pricingnya tidak boleh kayak rentenir. Etika penagihannya harus ada. Ini ada diatur dalam POJK kita," tutur Wimboh.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang diakses pada laman OJK, terdapat 113 Fintech yang telah terdaftar resmi. Data tersebut telah diperbarui per 31 Mei 2019.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Wahyu Putro

Psst, Gaji ke 13 Juga Cair untuk ASN Eselon I dan II

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:35 WIB
Hanya para pejabat negara, mulai dari presiden, wakil presiden, menteri, hingga gubernur yang tidak mendapatkan gaji...
Antara/M Risyal Hidayat

HUT Pasar Modal ke-43, Presiden Beri Apresiasi

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:21 WIB
Tahun ini, pasar modal Indonesia menorehkan pencapaian tertinggi di bursa Asia Tenggara. Itu dibuktikan dengan 35 IPO baru dan penambahan...
ANTARA FOTO/Khairizal Maris

Imbas Pandemi Covid-19, Persaingan Kerja Lulusan Baru Makin Ketat

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Senin 10 Agustus 2020, 13:58 WIB
Anis berpendapat, pandemi berimbas pada nasib jutaan pekerja yang dirumahkan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya