Selasa 16 Juli 2019, 13:00 WIB

Siap Beroperasi, Tol Cijago Seksi II Diuji Laik Fungsi

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Siap Beroperasi, Tol Cijago Seksi II Diuji Laik Fungsi

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Kendaraan melintas di ruas tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 2 yang diuji coba di Depok, Jawa Barat.

 

PEMBANGUNAN Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II Ruas Jalan Raya Bogor-Kukusan telah rampung.

Saat ini, tim gabungan yang terdiri dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia tengah melaksanakan uji laik fungsi sebelum jalan bebas hambatan itu dioperasikan.

Tim gabungan tersebut kemudian dibagi menjadi tiga divisi yang memiliki tugas berbeda-beda.

Divisi satu melakukan evaluasi aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas. Divisi dua melakukan evaluasi aspek sarana jalan, jembatan dan bangunan pelengkap dan divisi tiga melaksanakan evaluasi aspek administrasi dan operasi.

Diproyeksikan, tol sepanjang 5,5 kilometer (km) itu akan beroperasi pada akhir tahun ini.

Baca juga: Cijago II Diperpanjang untuk Rekam Lalu Lintas Normal

Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono mengungkapkan, setelah beroperasi, Cijago Seksi II akan mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalan arteri nasional nontol seperti Jalan Margonda, Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju Jagorawi.

Sedianya, Tol Cijago memiliki tiga seksi dengan total panjang 14,7 km.

Seksi I yang meliputi Jagorawi-Jalan Raya Bogor telah beroperasi sejak 2012. Adapun, Seksi III Kukusan-Cinere masih dalam tahap pengerjaan.

Tol Cijago sendiri merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing sepanjang dengan total panjang 111 Km.

Selain Cijago, ruas yang masuk ke sistem JORR 2 adalah Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cimanggis-Cibitung (26,5 km) dan Cibitung-Cilincing (34 km).

"JORR 2 akan memberikan manfaat bagi kelancaran mobilitas komuter baik dari Jakarta maupun kota-kota di sekitarnya. Tol ini akan memperlancar konektivitas sehingga menurunkan biaya logistik dan harga-harga bahan pokok, terlebih lalu lintas Tol JORR saat ini sudah cukup padat," ujar Basuki melalui keterangan resmi, Selasa (16/7). (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More