Selasa 16 Juli 2019, 01:20 WIB

Monas Jadi Pit Stop Formula E

Ssr/Put/J-1 | Megapolitan
Monas Jadi Pit Stop Formula E

AFP
Formula E

 

JAKARTA bakal punya sirkuit balap mobil sekelas formula. Dua rute telah dipilih lembaga penyelenggara sebagai ajang lintasan lomba Formula E pada pertengahan 2020.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengungkapkan, panitia penyelenggara sudah datang pada 8 Juli dan menyurvei lintasan. Dari lima alternatif yang diajukan, panitia memilih dua rute di pusat kota.

Rute pertama dengan pemberhentian (pit stop) di Pintu Timur Monas yang terletak di belakang Stasiun Gambir. Dari jalan tersebut lintasan berlanjut ke Jalan Ridwan Rais mengarah ke Tugu Tani.

Kemudian lintasan berlanjut dengan berputar ke Jalan Ridwan Rais dan berbelok kiri ke Jalan Medan Merdeka Selatan, lalu berputar lagi di titik Wisma Antara. "Setelahnya lintasan berlanjut sampai depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat, lalu belok kiri dan kembali ke Jalan Ridwan Rais," kata Syaf-rin, kemarin.

Alternatif kedua ialah pit stop di titik Silang Monas Selatan menuju Silang Timur yang berada di belakang Stasiun Gambir dan menuju Jalan Ridwan Rais.

Kepastian Jakarta menjadi ajang lomba Formula E diperoleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat melawat ke Amerika Serikat. Anies Baswedan berkunjung ke Kolombia dan Amerikat Serikat selama delapan hari terhitung 9-17 Juli 2019.

Anies mengabarkan melalui akun Instagram-nya bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah turnamen Formula E. Negosiasi tengah difinalkan untuk membahas teknis penyelenggaraan turnamen tersebut.

Formula E merupakan turnamen balap mobil serupa Formula 1, namun dengan sumber daya ramah lingkungan yakni kendaraan bertenaga listrik. Pendiri Formula E, Alejandro Agag dan Alberto Longo, telah memberikan jaminan Jakarta sebagai tuan rumah pada perte-ngahan 2020.

Saat ini Pemprov DKI tengah menunggu keputusan penyelenggara untuk memastikan apakah memilih rute satu atau rute dua. Jika sudah ada kepastian, Pemprov DKI segera mempersiapkan sarana dan prasarananya.

Dalam menyiapkan sarana dan prasarana, Dishub DKI akan bersinergi dengan Dinas Bina Marga DKI. Terutama untuk memperbaiki jalanan yang menjadi lintasan agar sesuai dengan standar Formula E.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik, menyambut gembira akan digelarnya ajang balap mobil Formula E di Ibu Kota. Taufik yang juga politikus Partai Gerindra berharap penyelenggaraan Formula E dapat meningkatkan perekonomian.

"Saya sih menyambut baik penyelenggaraan karena akan meningkatkan ekonomi. Jakarta memang harusnya punya event bertaraf internasional yang sifatnya tahunan. Formula E itu internasional, jadikan agenda tahunan dong," cetusnya.

Taufik yakin ajang balap mobil membawa keuntungan secara eonomi karena yang datang ke Jakarta mencapai ribuan orang, meliputi penyelenggara, sponsor, hingga peserta dari berbagai negara.

Selain itu, lanjutnya, Jakarta akan memiliki citra yang makin positif apabila sukses menyelenggarakan turnamen tersebut. "Ketika ada penyelenggaraan bertaraf internasional, itu menggambarkan bahwa kota kita aman," imbuhnya. (Ssr/Put/J-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More