Senin 15 Juli 2019, 17:45 WIB

Jumlah Perempuan Penerima Hibah Modal UMKM Perlu Ditingkatkan

Eni Kartinah | Ekonomi
Jumlah Perempuan Penerima Hibah Modal UMKM Perlu Ditingkatkan

MI/Eni Kartinah
Pengurus Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLPI) siap berdayakan perempuan.

 

Jumlah perempuan penerima hibah modal Usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus ditingkatkan. Kebijakan tersebut akan turut meningkatkan kualitas entrepreneur dari kalangan perempuan.     

"Pemberdayaan perempuan pelaku UMKM di Indonesia agar lebih berperan dalam kegiatan ekonomi dan sosial terus didorong. Semua pihak menyadari bahwa meningkatnya peran aktif kaum perempuan Indonesia pasti akan berkontribusi nyata kepada kemajuan pembangunan Indonesia," kata Ketua Umum (Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia) PPLPI Dra Hj Indah Suryadharma Ali, MBA di Jakarta, Senin (15/7).

Menurut Indah, PPLPI yang beranggotakan lebih dari 5.000 orang dengan 10 cabang di Indonesia telah menjadi wadah untuk dapat menyumbangkan tenaga, pikiran maupun materi, dan secara konsisten telah memberi hibah modal untuk pengembangan usaha kepada ribuan perempuan pelaku UMKM di seluruh Indonesia

"Hingga tahun 2018, program yang diberi nama 'PPLPI Peduli UKM' dan menjadi program signaturePPLPI ini, sudah berhasil dilaksanakan tiga kali berturut-turut," jelas Indah.

Rinciannya pada 2016, hibah modal dari diberikan PPLPI kepada 1.100 perempuan pelaku UMKM. Pada 2017, hibah modal disalurkan kepada 1.300 perempuan dan pada 2018 kepada 3.000 perempuan.

“Alhamdulillah, program nyata PPLPI hingga tahun 2018 telah berhasil menghibahkan bantuan permodalan kepada 5600 perempuan Indonesia pelaku UMKM binaan PPLPI dengan kategori pengusaha rumahan atau tradisional,” papar Indah.

 Program terbaru yang diluncurkan PPLPI baru-baru ini adalah membantu menciptakan pelaku usaha mikro dengan memberikan paket modal usaha, perlengkapan usaha dan pelatihan usaha sekaligus. Jenis usaha yang disediakan adalah penjualan ayam goreng tepung dengan nama Pro Chick-en.

PPLPI mengajak masyarakat, khususnya para simpatisan dan donor, untuk berpartisipasi dalam programini, agar jumlahperempuan penerima hibah modal pengembangan usahameningkat dari tahun sebelumnya.

“Sehingga upaya pemberdayaan perempuan Indonesia lebih optimal, dan lebih banyak lagi mencetak entrepreneurperempuan Indonesia,” tambah Indah. (OL-09)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More