Senin 15 Juli 2019, 15:18 WIB

Tingkatkan Kualitas Kader, NasDem Gelar Sekolah Legislatif

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Tingkatkan Kualitas Kader, NasDem Gelar Sekolah Legislatif

MI/MOHAMAD IRFAN
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate (tengah) bersama Ketua DPP Willy Aditya (kanan) dan Kepala Sekola Legislatif Partai Nining Indra Shaleh

 

PARTAI NasDem berkomitmen untuk meningkatkan kualitas seluruh legislator melalui penyelenggaraan sekolah legislatif. Para kader yang nantinya mengikuti kegiatan itu diharapkan dapat menerjemahkan secara konkret visi Indonesia yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Demikian dikatakan Ketua DPP NasDem sekaligus Kepala Sekolah Legislatif Nining Indra Shaleh dalam konferensi pers di Auditorium DPP NasDem, Jakarta, Senin (15/7). Hadir pula Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate dan Ketua DPP NasDem Willy Aditya.

Nining membeberkan, Sekolah Legislatif 2019 yang digelar di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Selasa (16/7) - Jumat (19/7), rencananya dibuka oleh Presiden Jokowi sekaligus memberikan kuliah umum.

Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan untuk kali pertama secara terpusat. Pesertanya ialah calon anggota DPR RI periode 2019-2024, pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), fungsionaris DPP, sayap partai dan peserta terseleksi.

"Nah, peserta sekolah ini merupakan angkatan pertama dari 7 angkatan yang direncanakan. Untuk angkatan ke 2 hingga 7 yang juga diselenggarakan di Kampus ABN NasDem, pesertanya ialah anggota DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota," ujar Nining.

.Baca juga: Wasekjen Golkar Apresiasi Pidato Jokowi

Sekolah Legislatif itu, sambung dia, menunjukkan keseriusan Partai NasDem dalam meningkatkan kualitas para legislator. "Jadi kenaikan signifikan pada kursi di legislatif juga diimbangi dengan kualitas para legislator Partai NasDem."

Dalam kontestasi Pemilu April 2019, perolehan kursi Partai NasDem di DPR bertambah 23 kursi, yaitu dari 36 kursi pada 2014 menjadi 59 kursi pada 2019 atau naik 63,88%. Kenaikan perolehan kursi Partai NasDem 63,88% itu merupakan kenaikan yang tertinggi dibandingkan perolehan kursi partai papan atas lainnya.

Sebagai gambaran, kursi PDIP bertambah 19 kursi (17,43%), Golkar berkurang 6 kursi (turun 6,59%), Gerindra bertambah 5 kursi (6,85%), dan PKB bertambah 11 kursi (18,96%). Kenaikan perolehan kursi NasDem yang tinggi itu berkat kenaikan perolehan suara dari 8,4 juta pada 2014 naik menjadi 12 juta, atau naik 3,6 juta suara (42,86%).

Johnny G Plate, menambahkan keterwakilan kursi Partai NasDem di DPR RI juga diimbangi dengan keterwakilan legislator perempuan. “Dari 59 kursi yang kami peroleh di DPR RI, sebanyak 19 kursi diisi oleh legislator perempuan,” kata Johnny.

Realitas itu menjelaskan bahwa 32,20% anggota DPR RI dari Partai NasDem merupakan perempuan. Sekolah Legislatif Partai NasDem diikuti 350 orang. Sekolah Legislatif 2019 membagi kurikulum menjadi pendidikan kedewanan sebesar 50%, kepartaian 20%, dan character building 30%. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More