Minggu 14 Juli 2019, 22:54 WIB

Hamilton Juarai Grand Prix F1 Inggris

Cahya Mulyana | Olahraga
Hamilton Juarai Grand Prix F1 Inggris

AFP
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton mengangkat trofi juara.

PEMBALAP  Mercedes, Lewis Hamilton mampu menunaikan janjinya untuk memberikan kebanggaan kepada masyarakat Inggris dengan menjuarai Grand Prix Formula 1 di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (14/7). Kejayaan Mercedes semakin lengkap, sebab pembalap mereka lainnya Valtteri Bottas merebut posisi kedua.

Dalam balapan tersebut, Hamilton yang kini menjadi pamuncak klasemen F1 itu melahap 52 putaran dengan mencatatkan waktu 1:21:08.452. Ia diikuti oleh rekan setimnya, Valtteri Bottas yang terpaut 24.928s.

Kemenangan ini jadi rekor untuk Hamilton yang sudah enam kali juara GP Inggris.

Posisi ketiga ditempati oleh pebalap Ferrari, Charles Leclerc. Dua pebalap Red Bull Racing, Pierre Gasly dan Max Verstappen, berturut-turut menyusul di belakangnya.

Sementara itu, Sebastian Vettel harus puas menempati posisi ke-16. Pebalap Ferrari itu sempat mendapat penalti 10 detik akibat bersenggolan dengan Verstappen.

Hamilton memulai balapan dari posisi kedua. Pada lap-lap awal, ia terus berada di belakang Bottas yang mampu mempertahankan posisi terdepan sejak start.

Titik balik persaingan antara Hamilton dan Bottas terjadi pada lap 20 ketika Safety Car masuk ke lintasan setelah Antonio Giovinazzi tergelincir keluar trek. Hamilton masuk ke pit dan kembali ke trek dengan menempati posisi pertama di depan Bottas.

Hamilton sempat menyalip Bottas di awal lap namun Bottas kembali menduduki urutan terdepan. Saking sengitnya, keduanya mencatatkan waktu tercepat. Hamilton baru masuk ke pit saat memasuki lap 20 dan terjadi kecelakaan yang menimpa Antonio Giovinazzi tim Alfa Romeo.

Hal itu menjadi awal Hamilton membelakangi Bottas karena bisa menyelesaikannya dengan waktu lebih cepat untuk kembali masuk lintasan. Hingga jumlah lintasan menyentuh 52, Hamilton bisa menjaga posisi dari kejaran Bottas dan Leclerc juga Gasly dan memastikan merish podium pertama.

Berkat kemenangan itu, Hamilton semakin kuat di peringkat teratas dengan 197 poin atau unggul 31 poin di atas Bottas di peringkat kedua. (AFP/Cah/A-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More