Senin 15 Juli 2019, 00:00 WIB

Penangkapan Imigran di AS Picu Kemarahan

Penangkapan Imigran di AS Picu Kemarahan

AFP
Para imigran di Amerika Serikat

 

GELOMBANG penangkapan imigran di Amerika Serikat (AS) akan dimulai pada pekan ini, sebuah prospek yang memicu keresahan, protes, kecaman, dan ketakutan.

Pada Sabtu malam, dilaporkan bahwa penggerebekan telah dilakukan di New York. Wali Kota Bill de Blasio mengatakan dalam sebuah tweet bahwa agen Imigrasi dan Bea Cukai (ICE) telah mengambil tindakan di kota itu, tetapi tidak berhasil mengumpulkan penduduk di lingkungan Sunset Park Brooklyn dan Harlem.

Wali Kota Demokrat, yang mencalonkan diri dalam pencalonan presiden, mengatakan kotanya tidak akan bekerja sama dengan ICE.

Razia imigran diperkirakan menargetkan sekitar 2.000 migran di AS secara ilegal, tetapi prospek tersebut telah menimbulkan teror melalui sejumlah besar komunitas migran.

"Administrasi yang disengaja ini meneror keluarga imigran dan masyarakat semakin memburuk setiap hari," Mary Bauer, Wakil Direktur Hukum Proyek Keadilan Imigran Pusat Hukum Kemiskinan Selatan, mengatakan kepada Guardian.

"Perlakuan buruk terhadap anak-anak yang ditahan di fasilitas penahanan, serangan terhadap sistem suaka kami, dan serangan terhadap komunitas imigran melalui razia imigran menunjukkan bahwa prioritas pemerintah ini ialah meneror masyarakat dan tidak menyelesaikan masalah imigrasi bangsa kami," tegas Bauer.

Di Chicago pada Sabtu, sekitar 5.000 pemrotes berbaris menentang kebijakan imigrasi Trump, mengkritik Presiden Trump dan ICE.

Demonstrasi diadakan di kota-kota lain termasuk Phoenix, yang diperkirakan tidak termasuk di antara kota-kota yang dirazia.

Di Gedung Kongres AS, Capitol Hill, Ketua Fraksi Demokrat yang minoritas di Senat Chuck Schumer dari New York mengecam razia itu dan menilainya kejam. "Ini bukan upaya mengusir orang-orang yang membahayakan, tetapi tindakan brutal untuk menyebar ketakutan di kalangan komunitas imigran," ujarnya. (Guardian/*/I-1)

Baca Juga

AFP

Autopsi Sebut Floyd Tewas Dibunuh

👤MI 🕔Rabu 03 Juni 2020, 00:55 WIB
DUA dokter yang melakukan autopsi independen atas kematian George Floyd mengatakan pria tersebut meninggal karena sesak...
AFP

Amerika Latin Kewalahan Tangani Covid-19

👤MI 🕔Rabu 03 Juni 2020, 00:35 WIB
ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) membahas sistem perawatan kesehatan di seluruh Amerika Latin berisiko akibat virus korona...
AFP/Lakruwan Wanniarachchi

Korsel Ingin Uji Coba Pengobatan Covid-19 di Eropa

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 00:12 WIB
Produsen obat di seluruh dunia sedang berlomba mengembangkan pengobatan untuk penyakit seperti flu yang disebabkan oleh virus korona jenis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya