Minggu 14 Juli 2019, 20:08 WIB

Pengamat: Prabowo harus Mampu Atasi Kekecewaan Akar Rumput

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Pengamat: Prabowo harus Mampu Atasi Kekecewaan Akar Rumput

AFP
Calon Presiden Prabowo Subianto

 

PENGAMAT politik dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno mengatakan setelah bertemu dan makan siang bersama Presiden terpilih Joko Widodo kemarin, pekerjaan rumah selanjutnya bagi Ketua Umum Gerindra Prabowo ialah menjinakkan pendukungnya di akar rumput yang kecewa dengan pertemuan tersebut.

Adi mengatakan salah satu cara bagi Prabowo untuk menepis kekecewaan tersebut, yakni dengan meyakinkan pendukungnya bahwa Pemilu telah usai. Selain itu, Prabowo juga harus meminta untuk menghentikan narasi Pemilu curang, pemerintah anti-Islam, dan diskriminasi ulama.

Ia berpendapat, perlahan tapi pasti dengan terus diberikan pemahaman, pendukung Prabowo yang mengerti politik akan menyadari pertemuan dengan Jokowi tersebut untuk mengakhiri konflik pascapilpres.

"Sejatinya rekonsiliasi harus mengakhiri pertikaian dan konflik yang terjadi. Saya cukup yakin pendukung Prabowo yang mengerti politik secara perlahan akan memahami apa yang dilakukan Prabowo," kata Adi saat dihubungi, Minggu (14/7).

Baca juga: Kekecewaan Pendukung Prabowo Modal PKS di 2024

Namun demikian, Adi mengatakan upaya Prabowo tidak akan mudah, lantaran ada kelompok pendukungnya yang tidak akan sependapat dengan mantan Danjen Kopassus itu. Misalnyam Presidium Alumni 212 yang memillih menanggalkan dukungannya terhadap Prabowo lantaran kecewa.


Akan tetapi, ia mengatakan Prabowo tidak perlu risau dengan sikap kelompok tersebut. Menurutnya, PA 212 ialah penumpang bebas dalam agenda politik lima tahunan yang mencoba memanfaatkan momentum untuk penetrasi agenda perjuangannya sendiri. Selain itu, menurutnya, Partai Gerindra dan Prabowo sendiri telah memiliki massa dan pengaruh yang cukup besar.

"Jadi, kalau ditinggal PA212 saya rasa biasa saja bagi Prabowo. Tanpa PA212 pun Prabowo sudah besar," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Humas Pemprov Kalteng

Prabowo Urusi Lumbung Pangan, Gerindra: Bagian Ketahanan Nasional

👤Putra Ananda 🕔Kamis 09 Juli 2020, 16:17 WIB
Wakil Ketua Umum Gerindra yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menuturkan bahwa lumbung pangan bersinggungan erat...
Ilustrasi

Pasal Pidana RUU PDP Diminta Dihapuskan

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Kamis 09 Juli 2020, 16:16 WIB
Pasal-pasal terkait pengenaan sanksi pidana dalam RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) sebaiknya dihapus, alasannya sanksi pidana...
MI/Fransisco Carolio

Bawaslu Sebut Enam Kerawanan Pilkada 2020, Apa Saja?

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 Juli 2020, 16:10 WIB
Di antaranya, PPS tidak melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan bakal paslon perseorangan, serta konflik kepengurusan parpol yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya