Akumindo: UMKM Masih Bergantung pada Pasar Domestik

Penulis: Atalya Puspa Pada: Jumat, 12 Jul 2019, 22:32 WIB Ekonomi
Akumindo: UMKM Masih Bergantung pada Pasar Domestik

Dok. Pribadi
Ketua Akumindo Ikhsan Ingratubun

KETUA Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengungkapkan kondisi UMKM saat ini masih bergantung pada pasar domestik.

Dirinya tidak memungkiri Indonesia memiliki potensi UMKM yang baik. Namun demikian, Ikhsan melihat masih sulitnya peluang bagi UMKM untuk menembus pasar internasional.

"Dengan Dinamika Geo Ekonomi Global yangg berakibat membanjirnya produk Impor di Indonesia maka UMKM Indonesia terancam hanya menjadi penjual atau reseller barang impor," kata Ikhsan kepada Media Indonesia, Jumat (12/7).

Dirinya menuturkan, saat ini, 95% marketplace di Indonesia justru banyak menjual pakaian jadi dan produk impor lainnya yang masuk ke Indonesia.

Baca juga : Dorongan Pemerintah Dinilai Penting dalam Upaya Kembangkan UMKM

"Potensi besar untuk bersaing saya kira saat ini tidaklah tepat karena produk-produk UMKM Indonesia sudah dilibas oleh produk-produk impor," lanjutnya.

Dengan kondisi demikian, dirinya mengungkapkan pihaknya meminta kepada pemerinth untuk melakukan serangkaian upaya meningkatkan ekspor serta penguatan pasar domestik untuk pengembangan UMKM.

Upaya tersebut diantaranya, mempermudah izin ekspor, menggratiskan biaya sertifikasi, memberikan insentif pajak ekspor, membantu promosi UMKM melalui platform online secara gratis, serta membantu permodalan UMKM.

Dengan begitu, kualitas produk yang dihasilkan UMKM dapat memiliki kualitas bagus dengan harga yang bersaing

"Harga Produk kita juga tidak mampu bersaing dengan produk-produk Tiongkok, karena besarnya biaya-biaya yang mengakibatkan harga produk tak mampu bersaing," tukasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More