Jumat 12 Juli 2019, 22:00 WIB

Jemaah Haji Gelombang I Madinah Dipastikan Singgah di Bir Ali

Sitria Hamid | Haji
Jemaah Haji Gelombang I Madinah Dipastikan Singgah di Bir Ali

Media center Haji 2019
Petugas menyemprotkan air ke jemaah haji kloter pertama yang baru mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah

JEMAAH haji gelombang satu di Madinah mulai diberangkatkan ke Makkah pada Minggu (14/7), setelah melaksanakan arbain atau salat 40 waktu. Petugas di Sektor Bir Ali siap menyambut seluruh jemaah singgah di Miqat Bir Ali, tempat memulai niat sebelum melaksanakan umrah dan puncak haji.

Kepala Daerah Kerja Madinah, Akhmad Jauhari, menyampaikan hal itu di Kantor Urusan Haji, Madinah, Arab Saudi, Jumat (12/7).

"Sektor Bir Ali memiliki peran yang sangat strategis karena di sanalah pemantauan terakhir terkait dengan kesiapan jemaah untuk melaksanakan ibadah umrahnya, sebelum ke Makkah," jelas Akhmad.

Menurut dia, hal tersebut merupakan tugas pertama dari sektor Bir Ali untuk memastikan seluruh jemaah singgah di Masjid Bir Ali, di kawasan Dzul Hulaifa. Sektor Bir Ali, lanjutnya, juga terus mengingatkan petugas kloter, baik ketua kloter, pembimbing ibadah, dan para ketua rombongan untuk terus mengingatkan kepada jemaah terkait dengan ketentuan dalam berihram.

"Menjelang keberangkatan dari Bir Ali, petugas kloter agar membimbing jemaah untuk niat umrah, itu beberapa tugas strategis yang diemban oleh teman-teman yang ada di sektor Bir Ali. Tentu, teman-teman sektor Bir Ali sudah melakukan koordinasi dan mempersiapkan sarana prasarananya," imbuh Akhmad.


Baca juga: 14 Ribu Calon Mahasiswa Mendaftar Ujian Mandiri UNS


Dia menyebutkan bahwa untuk pemberangkatan gelombang satu dari Madinah ke Makkah, pada 14 Juli ada 3 kloter (satu kloter sekitar 400 jemaah). Hari kedua, Senin (15/7), ada tiga kloter bila tidak ada perubahan. Dan selanjutnya, hari ketiga 14 kloter. Dan hari keempat akan semakin banyak. Diperkirakan, sekitar 15 sampai dengan 18 kloter setiap hari. Sampai habis jemaah haji yang ada di Madinah.

Akhmad juga menegaskan bahwa untuk keberangkatan jemaah haji dari Madinah ke Makkah tersebut, pihaknya telah melakukan persiapan terkait kelengkapan dokumen jemaah. Hal itu, merupakan persyaratan utama untuk proses pergerakan jemaah dari Madinah ke Makkah.

"Untuk memastkan dokumen sudah lengkap, maka H -3 sebelum jemaah berangkat, dilakukan proses penelitian, pemeriksaan dokumen yang saat ini posisinya ada di kantor Muassasah Adila. Kita mengirimkan tim dari PPIH Daker Madinah, dan petugas kloter dibantu oleh beberapa ketua rombongan melakukan pengecekan kembali terhadap dokumen jemaah dalam kloternya,untuk memastikan dokumen sudah tersedia, ini dari sisi persiapan dokumen," tegas Akhmad.

Sekretaris Sektor Khusus Bir Ali, Basnang Said, menyatakan bahwa timnya sudah siap untuk menerima jemaah haji di Masjid Bir Ali, yang akan dimulai pada Minggu (14/7).

"Niat berihram ke Mekah dimulai di sini (Masjid Bir Ali), jemaah turun, melaksanan wudhu, solat, semuanya sudah kami persiapkan," kata Basnang, di Masjid Bir Ali, Madinah, Jumat. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More