Hujan Muson di Nepal Tewaskan 11 Orang

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Jumat, 12 Jul 2019, 21:15 WIB Internasional
Hujan Muson di Nepal Tewaskan 11 Orang

AFP
Seorang warga Nepal berjalan melalui genangan air setelah Sungai Balkhu meluap menyusul hujan musim di daerah Kalanki di Kathmandu

SEDIKITNYA 11 orang tewas akibat terjangan hujan muson di Nepal, yang menyebabkan banjir dan tanah longsor. Di wilayah timur India, korban tewas akibat banjir bertambah menjadi 6 orang.

Pejabat setempat mengungkapkan sekitar 870 ribu orang terdampak banjir besar. Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Kamis (11/7) lalu, melanda beberapa distrik di Nepal. Khususnya wilayah timur dan dataran selatan.

Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Nepal, Umakanta Adhikari, mengungkapkan korban tewas sejauh ini mencapai 11 orang. Adapun korban luka-luka sekitar 13 orang, dan 8 orang lainnya dilaporkan hilang. Di Kathmandu, tiga orang tewas karena tertimpa reruntuhan tembok.


Baca juga: Berbiaya Murah, India Siap Jalankan Misi ke Bulan


"Otoritas lokal dan pejabat keamanan berupaya mengevakuasi warga sebanyak mungkin. Serta, membawa mereka ke tempat aman. Sejumlah helikopter sudah disiagakan," ujar Adhikari.

Badan Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat akan terus berlanjut selama dua hari. Mereka mengimbau warga untuk tetap waspada. Tahun lalu, hampir 150 orang tewas ketika musim hujan melanda Nepal. Peristiwa alam itu biasanya dimulai akhi juni dan berlangsung hingga akhir Agustus. Di negara bagian Asaam, wilayah timur India, banjir muson melanda 21 distrik.

Sejumlah kelompok bantuan menyalurkan ransum kepada pengungsi Rohingya di Bangladesh. Program Pangan Dunia PBB mengungkapkan dua orang termasuk seorang anak meninggal dunia. (AFP/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More