BI Dorong UMKM jadi Pilar Perekonomian

Penulis: Atalya Puspita Pada: Jumat, 12 Jul 2019, 19:15 WIB Ekonomi
BI Dorong UMKM jadi Pilar Perekonomian

MI/MOHAMAD IRFAN
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan sambutan pada Pameran Karya Kreatif Indonesia

GUBERNUR Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan hingga 2019 pihaknya telah membina 898 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Sebanyak 91 di antaranya bahkan berhasil menembus pasar internasional.

"BI punya 898 umkm binaan dan mitra UMKM. Dari 899 itu, sebanyak 91 sudah ekspor dengan nilai transaksi setahun terakir Rp1,37 triliun," kata Perry di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7).

Selain mengembangkan target pasar, UMKM binaan BI juga mendapatkan koneksi untuk bantuan pendanaan dari perbankan.

"Ada 173 UMKM yang mendapatkan pembiayaan perbankan. Platformnya kurang lebih US$22,6 juta. Tapi outstandingnya sekitar US$42,4 juta," tuturnya.

Tidak sampai di situ, UMKM binaan BI juga dituntut terus mengikuti perkembangan pasar dengan merambah dunia digital.

Hingga saat ini, kata Perry, terdapat sebanyak 355 UMKM yang sudah go digital, baik menjual produknya lewat sosial media maupun e-commerce.

"Go digital juga termasuk pembayarannya. Mereka sudah menggunakan debit, kredit, dan pembayaran digital lainnya," tukasnya.

Dengan mengembangkan UMKM di Indonesia, Perry mengatakan pihaknya berharap UMKM dapat menjadi pilar perekonomian Indonesia demi pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

"Kami terus berkomitmen untuk mengembangkan UMKM sebagai pilar perekonomian Indonesia. Karena UMKM kalau kita geluti bisa go eskpor dan go digital," tuturnya. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More