Jumat 12 Juli 2019, 16:47 WIB

TKN: Menteri Muda tak Terbatas dari Kader Partai

Melalusa Susthira K | Politik dan Hukum
TKN: Menteri Muda tak Terbatas dari Kader Partai

MI/Susanto
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga.

 

MENANGGAPI wacana menteri muda yang akan direalisasikan oleh Presiden RI terpilih Joko Widodo. Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa pengisian kursi menteri muda tersebut tidak terbatas untuk diisi oleh kader partai, melainkan terbuka pula untuk diisi dari unsur profesional.

"Tidak terbatas pada partai yang ada, malah ada non partai," ujar Arya yang ditemui di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (12/7).

Baca juga: NasDem Sepakat Jatah Menteri Proporsional Kursi Parlemen

Meskipun demikian, Arya mengaku, belum mengetahui lebih lanjut mengenai nama-nama yang akan mengisi kursi menteri tersebut. Ia pun tak menampik, bahwa ada beberapa partai politik (parpol) yang mengusulkan kader muda potensialnya untuk menjadi kandidat menteri muda di kabinet Jokowi Jilid II.

"Belum ada arahan dari Jokowi mengenai partai mana dapatkan itu, atau profesional mana.Tapi memang partai ada mendorong untuk masukan milenialnya," imbuh Arya.

Mengingat tantangan perkembangan zaman ke depan, Arya melihat pengisian menteri muda ke dalam kabinet kerja Jokowi lebih dari sekedar wacana. Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah kebutuhan. Sehingga program Jokowi diprediksi sudah tentu akan banyak berhubungan dengan kaum milenial.

Arya mengingatkan, bahwa penunjukkan menteri muda diharapkan tidak hanya akan berakhir menjadi sebuah simbol belaka. Bagaimanapun, tambah Arya, sosok tersebut harus memiliki kompetensi yang memang memadai, ditambah visi dan ideologi kebangsaan yang baik.

"Harus punya kemampuan manajerial teknis yang baik jadi kita yakin menteri muda bukan hanya simbol. Yang pasti Jokowi cari orang enerjik dan bisa eksekusi cepat," tukas Arya.

Baca juga: KPU Siapkan Saksi Setelah MK Keluarkan Putusan Sela

Arya kemudian memprediksi pos-pos kementerian mana saja yang cocok bila dipimipin oleh kalangan muda. Ia menyebut sebagian kementerian di antaranya, Kementerian Ekonomi, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian BUMN.

"Bisa banyak, ekonomi saja bisa milenial, ekonomi mampu gitu. UMKM bisa juga, malah UMKM kita kejarnya banyak milenial. Perdagangan juga bisa ada anak muda. Kita juga berharap BUMN ke depan orang-orang yang bisa dorong BUMN kita membesar," pungkas Arya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More