Jumat 12 Juli 2019, 16:35 WIB

Jokowi Optimistis Produk UMKM Indonesia Bersaing di Internasional

Atalya Puspa | Ekonomi
Jokowi Optimistis Produk UMKM Indonesia Bersaing di Internasional

MI/M Irfan
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah)

 

PRESIDEN Republik Indonesia, Joko Widodo, memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia (BI) karena telah membina UMKM yang menghasilkan produk unggulan.

"Ini sangat bagus. Ada seleksi. Ada yang menguratori, sehingga ketemu produk-produk yang premium, kualitas tinggi, dijual dengan harga berapa pun orang akan senang," kata Jokowi usai membuka acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7).

Baca juga: BI Pamerkan 370 UMKM Unggulan di Karya Kreatif Indonesia 2019

Dirinya optimistis, dengan karakter khas Indonesia yang sangat melekat pada produk buatan UMKM binaan BI, produk buatan Indonesia dapat bersaing dalam dunia global.

"Sebetulnya kan pasar-pasar tertentu itu masih banyak peluang. Yang benar ya seperti ini, produk-produk handicraft yang penuh dengan keterampilan tangan, hand made. Kekuatan kita ada di situ," tutur Jokowi.

Dirinya menuturkan, dengan identitas Indonesia yang melekat pada produk hasil pengrajin memiliki daya tarik tersendiri hingga menciptakan nilai jual. Jokowi menilai, hal itu yang harus dimanfaatkan Indonesia untuk bersaing di ranah global, dibanding harus memproduksi produk massal.

"Coba dilihat produk-produk yang ada di sini. Semuanya kelihatan kelasnya. Masuknya di situ. Kalau misalnya UMKM kita masuknya ke produk-produk massal, ya kalah dengan barang-barang dari negara lain," terangnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Buka KKI 2019

Untuk diketahui, KKI 2019 mengusung tema 'Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital'. Acara tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yakni dari 12-14 Juli 2019 bertempat di Exhibition Hall A, JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

KKI merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Bank Indonesia sebagai wadah bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) potensial dari selruh Indonesia untuk memamerkan karyanya dan menjual kepada masyarakat luas. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More