Jumat 12 Juli 2019, 15:58 WIB

SDN 01 Datarcae Penerima Bantuan Pertama Drive for Edu Medcom.id

mediaindonesia.com | Advertorial
SDN 01 Datarcae Penerima Bantuan Pertama Drive for Edu Medcom.id

Istimewa
Tim Medcom.id dan Pajero Owner Community (POC) bersama perwakilan SDN 01 Datarcae

SDN 1 Datarcae yang terletak di Lebak, Banten menjadi sekolah pertama yang menerima bantuan oleh Tim Drive for Edu Medcom.id. Bantuan diberikan untuk membangun kembali sekolah yang rusak.
 
Penyaluran bantuan pendidikan diserahkan secara simbolis oleh Corporate Communication Medcom.id, Herfindo Gading bersama Sekretariat Jenderal Pajero Owner Community (OPC) Indonesia, Topa. Bantuan diterima langsung oleh Kepala Sekolah SDN 01 Datarcae, Ali Idrus.
 
Ali menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan ini. Dia berharap bantuan yang diberikan dapat membangun kembali sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat kembali normal.

"Terima kasih atas darma baktinya telah membantu pendidikan SDN Datarcae ini. Semoga ibadah dan niat baik diterima Allah," ucap Ali di lokasi, Jumat, (5/7).

Kondisi SDN 01 Datarcae jauh dari kondisi layak. Bangunan dua kelas ambruk pada 21 April 2019 setelah hujan deras dan belum ada perbaikan hingga sekarang.
 
Kondisi kelas juga sangat tidak memungkinkan untuk belajar. Tembok kelas penuh retakan dan lumut, serta atap kelas terlihat ambruk. Jendela kelas juga bolong-bolong.

Bahkan, SDN 01 Datarcae tidak memiliki ruang guru. Saat ini satu ruang kelas disekat untuk difungsikan menjadi ruang guru sementara.
 
Herfindo mengatakan program Drive for Edu diluncurkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2019. Program ini merupakan sebuah bentuk kontribusi Medcom.id terhadap pendidikan dengan mengajak pembaca ikut berdonasi. Bantuan dikumpulkan pada 2 Mei-11 Juni 2019.
 
"Semoga ini menjadi berkah. Berkah bagi sekolahnya, (berkah bagi) netizen yang menyumbang," kata Herfindo.

Topa menambahkan bantuan sengaja diberikan pada hari Jumat. Sebab, hari ini momen yang tepat sebagai hari Jumat berkah. "Kami berharap bantuan ini bermanfaat bagi anak didik pengajar bagi keluarga dan masyarakat sekitar sehingga proses belajar mengajar bisa sesuai dengan SD-SD di tempat lain," pungkas dia.
 
Dari SDN 01 Datarcae, tim Drive for Edu Medcom.id bersama Pajero Owner Community (POC) melanjutkan perjalanan untuk menyalurkan bantuan pendidikan. Kali ini yang mendapatkan bantuan MTs Mathla’ul Anwar Sariyak Layung.
 
MTs Mathla’ul Anwar Sariyak Layung dibangun dari hasil swadaya guru dan masyarakat. Pembangunan sekolah yang sudah dimulai sejak awal Januari 2019 lalu ini pun terpaksa terhenti dan terkatung-katung di tengah jalan, karena kehabisan dana.
 
Sekolah swadaya yang berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi di pelosok Lebak ini hanya terdiri atas dua ruangan. Ruangan itu disekat untuk ruang kelas dan ruang guru.

Kepala Sekolah Fudi mengatakan, baru 6 bulan menempati sekolah hasil swadaya masyarakat sekitar yang peduli pendidikan ini. Sebelum direnovasi, sekolah ini bukanlah tempat yang layak digunakan untuk belajar. Siswa belajar tanpa kursi dan hanya beralaskan tanah.
 
"Baru 6 bulan sejak MTs ini dibangun. Dulu sekolah enggak seperti ini, dua tahun di rumah warga itu duduk di lantai tanah," kata Fudi di lokasi, Banten, Jumat (5/7).
 
Ia juga mengungkapkan siswa tidak dipungut biaya selama sekolah. Ia mengatakan apa yang ia lakukan bersama guru-guru lainya ikhlas untuk mecerdaskan kehidupan bangsa.
 
"Kami mendidik anak demi mencerdaskan kehidupan bangsa dan tidak mengharapkan apapun, gaji enggak ada guru disini, Lillahitallah," ungkapnya.
 
Dalam kesempatan tersebut hasil donasi sejak 2 Mei-11 Juni 2019 diserahkan secara simbolik oleh Corporate Communication Medcom.id Findo Gading dan diterima langsung oleh Kepala Sekolah MTs Mathla’ul Anwar, Fudi. Findo berharap bantuan yang terkumpul dari donatur bisa bermanfaat untuk MTs Mathla’ul Anwar.
 
Perwakilan dari POC Anto berharap bantuan ini membuat MTs Mathla’ul Anwar bisa menghasilkan siswa-siswa bermanfaat dan berguna bagi lingkungan sekitar terutama negeri ini.
 
"Kami berharap dari Medcom.id, POC dan donatur, dengan bantuan ini sekolah semakin maju,"ucapnya.
 
Fudi bersyukur sekaligus berterimakasih dengan bantuan yang diberikan oleh donatur yang disalurkan melalui tim Drive for Edu Medcom.id dan POC. Ia berharap dengan bantuan ini, siswa lebih semangat bersekolah.
(RO/OL-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More