Pemprov DKI akan Tampung Pencari Suaka Selama Sepekan

Penulis: Putri Anisa Yuliani Pada: Jumat, 12 Jul 2019, 14:40 WIB Megapolitan
Pemprov DKI akan Tampung Pencari Suaka Selama Sepekan

MI/PIUS ERLANGGA
Sejumlah pencari suaka mengantre untuk memasuki bus saat akan dipindahkan dari trotoar kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menetapkan masa relokasi sementara pengungsi pencari suaka adalah tujuh hari.

Sebelumnya, para pengungsi asing yang hendak meminta suaka ke Australia kepada sub unit Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) UNHCR menempati trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Kini, mereka direlokasi Pemprov DKI ke lahan milik Pemprov di Kalideres, Jakarta Barat.

"Jadi kami akan menampung selama tujuh hari. Lalu dikasih makan layaknya manusia paling tidak dua kali sehari pagi dan malam. Kita buka dapur umum," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah saat dihubungi, Jumat (12/7).

Jumlah pengungsi yang menempati trotoar Jalan Kebon Sirih awalnya hanya 241 orang. Namun, setelah kabar Pemprov DKI memfasilitasi relokasi, jumlah pengungsi yang datang terus bertambah hingga mencapai 900 orang.

Baca juga: Pemprov DKI Akan Pindahkan Pengungsi di Kebon Sirih ke Kalideres

Irmansyah akan berupaya memfasilitasi para pengungsi dan menyediakan stok kebutuhan makan untuk 1100 orang.

"Semalam sampai saat saya pulang itu dan sudah dikroscek sama UNHCR jumlah pengungsi itu 998 orang. Tapi kemudian bertambah terus hingga 1100an orang. mereka datang pakai kendaraan sendiri jam 10 sampai 11 malam datang sendiri. Kemungkinan bukan dari Kebon Sirih," tegasnya.

Mantan wakil wali kota Jakarta Selatan itu menjelaskan selama masa penampungan ini, Pemprov DKI juga akan terus mengupayakan solusi terbaik bagi para pengungsi dengan membahasnya bersama pemerintah pusat serta UNHCR.

Sebab, Pemprov DKI tidak bisa terlalu lama memfasilitasi para pengungsi asing tersebut.

"Kita akan bicara dengan pemerintah pusat, Kementerian Luar Negeri, dan UNHCR agar ini bisa selesai. Hari ini pemerintah pusat berjanji membahas bersama Kemlu, Kemenkumham, dan Kemensos. Itu janjinya," tegasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More