BI Pamerkan 370 UMKM Unggulan di Karya Kreatif Indonesia 2019

Penulis: Atalya Puspa Pada: Jumat, 12 Jul 2019, 13:54 WIB Ekonomi
BI Pamerkan 370 UMKM Unggulan di Karya Kreatif Indonesia 2019

MI/Susanto
Gubernur BI, Perry Warjiyo.

KARYA Kreatif Indonesia (KKI) yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI) resmi dibuka mulai Jumat (12/7) hingga tiga hari mendatang. Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyatakan dalam acara tersebut, terdapat sebanyak 370 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan BI yang dipilih untuk menjual hasil karyanya dalam KKI.

"Dari 898 kita sudah pilih 370 the best of the best," kata Perry di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7).

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Buka KKI 2019

Dirinya menuturkan, UMKM yang hadir dalam acara KKI datang dari berbagai sektor. Perry merinci, sebanyak 120 UMKM bergelut di bidang kain dan pakaian, 88 UMKM di bidang kerajinan tangan, serta 154 UMKM di bidang kuliner. Dalam perhelatan KKI kali ini, Perry mengungkapkan, pihaknya membuat terobosan-terobosan baru.

Untuk meningkatkan nilai jual UMKM kain dan pakaian, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah fashion desainer nasional dan internasional untuk dikoneksikan langsung dengan para pengrajin.

Selain itu, selama KKI berlangsung, pihaknya juga akan mengadakan peragaan busana hasil kolaborasi antara pengrajin dan desainer ternama. "Kita tampilkan berbagai desainer dalam taraf internasional maupun nasional. 15 desainer selama tiga hari," katanya.

Selanjutnya, hal baru yang hadir dalam KKI 2019 yakni BI akan melakukan business matching antara UMKM dengan pihak perbankan, eksportir, maupun e-commerce untuk saling bekerja sama. Dalam KKI kali ini, terdapat 91 UMKM yang akan melakukan business matching.

"Ada 91 UMKM yang akan melakukan business matching. 28 business matching perbankan. 33 eksportir, dan 30 e-commerce. Juga kita lakukan workshop bagaimana UMKM terhubung dengan perbankan, e-commerce, maupun eksportir," paparnya.

Terakhir, Perry mengungkapkan dari segi transaksi pembayaran, BI menyediakan kemudahan fasilitas pembayaran digital untuk mendorong masyarakat mengunakan uang elektronik.

"Kalau tahun lalu pakai debit dan kredit saja, tahun ini kita tambah lagi ada debit, kredit, salenya juga salenya juga bisa online. Apalagi sekarang biaa bayarnya pakai QRIS," tukasnya.

Baca juga: Komisi XI Enggan Dikirimi Calon Tunggal Lagi

Untuk diketahui, KKI 2019 mengusung tema 'Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital'. Acara tersebut akan berlangsung selama 3 hari, yakni dari 12-14 Juli 2019 di Exhibition Hall A, JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

KKI merupakan acara tahunan yang diadakan oleh BI sebagai wadah bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) potensial dari seluruh Indonesia untuk memamerkan karyanya dan menjual kepada masyarakat luas. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More