Jumat 12 Juli 2019, 12:05 WIB

Penerapan Ganjil Genap Versi Asian Games Tunggu Anies Pulang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Penerapan Ganjil Genap Versi Asian Games Tunggu Anies Pulang

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Kendaraan melintas di dekat papan informasi kebijakan sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor plat ganjil-genap.

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta belum bisa memutuskan terkait penerapan kembali sistem pembatasan kendaraan roda empat berbasis nomor kendaraan ganjil dan genap.

Pasalnya, pembahasan kebijakan itu harus menunggu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali dari lawatannya ke Amerika Serikat (AS).

Anies diketahui terbang ke Kolombia untuk menjadi pembicara di World Cities Mayors Summit pada 9 Juli lalu. Agenda luar negerinya akan berlanjut ke agenda Forum pertemuan USINDO Luncheon yang akan diselenggarakan di Washington DC, AS. Anies direncanakan baru kembali ke Jakarta pada 18 Juli mendatang.

"Ya belum diputuskan. Masih menunggu beliau," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (12/7).

Syafrin juga mengatakan pihaknya belum menerima hasil evaluasi penerapan sistem ganjil genap triwulan kedua tahun ini.

Evaluasi tersebut dibuat oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Baca juga: Polda Metro Jaya Siap Jalankan Perpanjangan Sistem Ganjil-Genap

Sebelumnya, BPTJ mengirimkan surat berisi usulan agar Pemprov DKI menerapkan kembali sistem ganjil genap yang dilakukan selama berlangsungnya Asian Games 2018 selama satu bulan pada Juli tahun lalu.

"Kami belum menerima hasil evaluasinya karena tidak ada dalam lampiran surat tersebut," terangnya.

BPTJ mengusulkan kembali pengembalian ganjil genap versi Asian Games 2018 karena sistem ganjil genap pada masa tersebut yang paling efektif untuk mengurangi kemacetan.

Ganjil genap versi Asian Games 2018 dilangsungkan selama 15 jam sejak pukul 06.00-21.00. Sementara pada ganjil genap waktu normal atau yang biasa diterapkan yakni pukul 06.00-10.00 dan pukup 16.00-20.00.

BPTJ mengungkapkan dalam evaluasi ganjil genap selama Asian Games 2018 kecepatan kendaraan bertambah hingga rata-rata 44 km/jam dan volume kendaraan dibandingkan dengan kapasitas jalan berkurang hingga 20%. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More