Jumat 12 Juli 2019, 15:00 WIB

DPRD Kritik Lawatan Anies ke Luar Negeri

Theofilus Ifan Sucipto | Megapolitan
DPRD Kritik Lawatan Anies ke Luar Negeri

MI/Nicky Aulia Widadio
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan lawatannnya ke luar negeri dari Kolombia ke Amerika Serikat. Tugas-tugas kegubernuran sementara diemban oleh Sekretaris Daerah Pemprov DKI Saefullah.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono menyayangkan lawatan Anies ke luar negeri. Ia menyebut tugas Saefullah sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) sudah berat. Terlebih harus ditambah dengan tanggung jawab tugas gubernur.

"Sekda beban (tugas)-nya berat ditambah masalah Jakarta yang rumit," kata Gembong saat dihubungi, Kamis (11/7).

Gembong tidak yakin dua tugas dan tanggung jawab dikerjakan satu orang bisa maksimal. Meski begitu, lanjutnya, keputusan Anies ke luar negeri adalah masalah prioritas.

"Ini soal pilihan, bukan baik atau tidak baik, tapi prioritas," pungkasnya.

Anies terbang ke Kolombia sebagai pembicara World Cities Summit.

Baca juga: Selepas dari Kolombia, Anies Melancong ke AS

Dalam laman resmi World Cities Summit www.acimedellin.org, ratusan kepala daerah sejumlah negara di dunia akan menghadiri pertemuan itu. Para kepala daerah akan membahas mengenai inovasi, kepemerintahan, dan budaya negara

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memperpanjang durasi kunjungan luar negeri selama dua hari. Anies tidak langsung kembali ke Tanah Air usai menghadiri pertemuan di Medellin, Kolombia.

"Pak Gubernur akan melanjutkan perjalanan ke AS (Amerika Serikat) dan nanti Kamis (18/7), baru kembali (ke Tanah Air)," kata Sekretaris Daerah Pemprov DKI Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

Saefullah enggan membeberkan kegiatan Anies di 'Negeri Paman Sam'. Ia hanya menyebut Anies memiliki agenda lain yang harus dihadiri.

Ini bukan kali pertama Anies berkunjung ke luar negeri. Sebelumnya, Anies pernah melakukan kunjungan kerja ke Jepang, Turki; dan Singapura. Di Tokyo, Jepang, Anies membahas perencanaan pembangunan kota. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More