Kejurnas Panjat Tebing akan Digelar di Kalsel

Penulis: Denny S Pada: Jumat, 12 Jul 2019, 12:00 WIB Olahraga
Kejurnas Panjat Tebing akan Digelar di Kalsel

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi panjat tebing

FEDERASI Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalimantan Selatan siap menggelar Kejuaraan Nasional Panjat Tebing Kelompok Umur ke XIV 2019. Sebanyak 27 provinsi telah memastikan ikut serta pada Kejurnas FPTI yang akan berlangsung di Kabupaten Tanah Laut, 28 Juli-8 Agustus 2019 mendatang.

Ketua Umum FPTI Kalsel Faturahman, Jumat (12/7), di sela-sela kegiatan rapat persiapan penyelenggaraan Kejurnas FPTI di Pelaihari mengatakan, sejauh ini, sudah ada 27 provinsi yang akan mengikuti Kejurnas panjat tebing kelompok umur (anak-anak dan remaja) ini.

"Saat ini persiapan Kejurnas sudah 80% dan Kalsel siap menyelenggarakan Kejurnas ini. Ada 27 provinsi yang ikut dengan jumlah peserta dan offisial diperkirakan 1.000 orang," tuturnya.

Terpilihnya Kabupaten Tanah Laut sebagai lokasi penyelenggaraan kejurnas panjat tebing ini karena faktor kesiapan venue standard kejurnas panjat tebing sekaligus mempromosikan Kabupaten Tanah Laut di tingkat nasional.

"Kalsel itu tidak hanya Kota Banjarmasin tetapi ada 13 kabupaten/kota. Kejurnas ini salah satu upaya kita mempromosikan daerah lainnya, disamping masalah kesiapan kegiatan," ujarnya.

Baca juga: Panjat Tebing Speed Masuk Olimpiade 2024, Indonesia Bidik Emas

Ketua Harian FPTI Kalsel, Bandi Hairulah mengatakan sebagai tuan rumah pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan agar mampu berprestasi pada Kejurnas FPTI kelompok umur ini.

"Atlet panjat tebing Kalsel berprestasi pada beberapa nomor dan kita menargetkan Kalsel dapat berbicara banyak pada Kejurnas kali ini," tuturnya.

Sebelumnya FPTI Kalsel menggelar Kejuaraan Provinsi Panjat Tebing 2019 sebagai seleksi atlet untuk Kejurnas kelompok umur yang ke XIV dan Pra PON 2019. Kejuaraan tingkat provinsi ini berlangsung 29-30 Juni 2019 di Ruang Terbuka Hijau, Kijang Mas Permai Pelaihari.

Kejurnas FPTI kelompok umur ini mempertandingkan berbagai nomor seperti speed, lead, boulder, combine untuk junior, youth, dan kids.

Adapun usia untuk kategori junior adalah 18-19 tahun, youth A: 16-17 tahun, youth B: 14-15 tahun. Kategori kids yakni youth C: 12-13 tahun dan youth D: 10-11 tahun.

Ketua Harian FPTI Tanah Laut, Ismail Fahmi, mengatakan untuk persiapan kejurnas ini pihaknya sudah berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Pemuda dan Olahraga serta Pemkab Kabupaten Tanah Laut untuk mensukseskan even nasional ini. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More