Jumat 12 Juli 2019, 09:15 WIB

Diskon Serempak akan Warnai Hari Kemerdekaan

Fetry Wuryasti | Humaniora
Diskon Serempak akan Warnai Hari Kemerdekaan

ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Diskon Serempak akan Warnai Hari Kemerdekaan

 

ASOSIASI Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bersiap menyambut Dirgahayu ke-74 Republik Indonesia dengan menyelenggarakan Indonesia Great Sale yang akan berlangsung selama 14-25 Agustus 2019.

Bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata, Indonesia Great Sale akan menjadi pesta diskon serempak pertama sekaligus terbesar di Tanah Air. Sebanyak 321 mal atau pusat perbelanjaan ikut terlibat pada ajang ini.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat APPBI Stefanus Ridwan mengatakan program itu diselenggarakan sebagai komitmen menghadirkan berbagai kemudahan berbelanja bagi seluruh masyarakat. "Kami akan tawarkan banyak promo fantastis, mulai dari produk ritel, fesyen, hingga makanan untuk mendatangkan banyak pengunjung," ujar Stefanus dalam jumpa pers, di Jakarta, kemarin.

Ragam promo yang ditawarkan sesuai dengan HUT Republik Indonesia, yaitu melibatkan angka 17, 8 ataupun 45, baik berupa diskon, jumlah item, maupun hadiah. Diskon besar juga tersaji mulai pada jam kerja hingga night sale.

"Tahun-tahun lalu secara sporadis setiap provinsi membuat pesta diskon berbeda. Tahun ini kami akan bergabung dalam Indonesia Great Sale. Ke depannya, Indonesia Great Sale akan menjadi program belanja tahunan dari APPBI dan Aprindo," jelasnya.

Pada Indonesia Great Sale kali ini, PHRI turut menggelar festival kuliner Nusantara dengan tajuk PHRI Food Street Festival di area outdoor Hotel Grand Sahid Jaya pada 6-18 Agustus 2019.

Sejumlah pelaku bisnis kuliner akan menyajikan santapan khas Nusantara dengan harga spesial. Lokasi acara festival kuliner outdoor ini diyakini akan menjadi sebuah ajang hangout bagi kalangan milenial.

Terus tumbuh

Ketua Umum DPP Aprindo Roy N Mandey menyatakan pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia masih berkembang dan terus meningkat. Partisipasi pengusaha ritel merupakan kontribusi konkret dari mal dalam anggota APPBI dan Aprindo yang memiliki hampir 45 ribu toko di Indonesia.

"Artinya, bila ada sekitar 100 anggota Aprindo, dengan 321 mal anggota APPBI, sekitar 32 ribu toko akan berpartisipasi mendukung Indonesia Great Sale ini," kata Roy.

Indonesia Great Sale diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengunjung dan nilai transaksi di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia hingga 20% jika dibandingkan dengan event diskon hari belanja di Hari Kemerdekaan Indonesia pada tahun-tahun lalu.

Dia menggambarkan bila mal seperti Kota Kasablanka dengan angka kunjungan 120 ribu saat akhir pekan, setidaknya bisa menjadi 144 ribu pengunjung selama Indonesia Great Sale.

"Pengunjung yang ke mal setidaknya akan menghabiskan Rp100-200 ribu per orang dan bertambah pengeluarannya baik untuk belanja maupun kuliner pada great sale. Hilirnya akan meningkatkan konsumsi masyarakat. Anggota Aprindo, seperti Matahari, Sogo, Ramayana, sudah pasti akan ikut serta dalam kegiatan ini," ucap dia.

Dia juga optimistis dengan terlibatnya para pelaku UKM, Indonesia Great Sale akan menjadi jembatan yang dapat memberikan manfaat lebih bagi mereka untuk bisa mempromosikan produk-produk khas dari daerah masing-masing.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat menambahkan sebanyak 11 pusat belanja dari total 82 pusat belanja di DKI Jakarta akan ikut serta dan terus bertambah data kepesertaannya. Para tenant akan memberikan diskon hingga 70%.

"Adanya kegiatan great sale ini tentunya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan produk-produk dengan harga terjangkau," ujar Ellen. (Pra/S-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More