Kamis 11 Juli 2019, 23:00 WIB

43 Tahun Menahan Rindu ke Tanah Suci

(HM/JI/RS/OL/YH/DY/N-2) | Nusantara
43 Tahun Menahan Rindu ke Tanah Suci

ANTARA FOTO/Jojon
Ratusan orang pengantar calon haji memadati Bandara Haluoleo Kendari saat pemberangkatan jemaah calon haji asal Kendari

 

TAHUN ini, Bani Hasan, 99, tercatat menjadi salah satu dari jemaah haji yang akan berangkat ke Arab Saudi. kamis (11/7), pria yang akan berangkat dari Kota Kendari itu mendatangi Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara.

Dia mengaku sehat dan siap secara fisik dan mental. "Saya sudah tidak sabar berangkat haji. Saya datang untuk bertanya kapan waktu keberangkatan saya," tutur warga Desa Lembo, Kecamatan Lasolo, Konawe Utara, itu.

Meski sudah tua, Bani masih sangat bugar. Buruh tani serabutan ini sudah sejak 1976 menabung untuk niat mulianya. Mendaftar sejak 2014, ia pun mendapat kesempatan berangkat tahun ini.

Sang istri, cerita Bani, sebenarnya juga ingin ikut berhaji. "Namun, dia tidak berangkat, takut, karena tidak bisa baca tulis," jelasnya.

Tahun ini, Bani tergabung di kelompok terbang 23. Dia akan berangkat dari Bandara Haluoleo pada 22 Juli dan diterbangkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami sesalkan istri Pak Bani tidak bisa berangkat karena tidak bisa membaca. Soal itu tidak masalah, karena akan banyak petugas haji yang membantunya sejak dari Tanah Air hingga ke Tanah Suci," ungkap Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tenggara Abdul Kadir.

Tahun ini, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, memberangkatkan 1.006 jemaah haji. Sayangnya, saat kloter awal meninggalkan Tanah Air, enam jemaah dipastikan tak berangkat ke Tanah Suci.

"Tiga orang meninggal dunia, dua orang karena tidak isthitaah, dan satu orang mengundurkan diri karena masalah kesehatan. Jumlah ini sewaktu-waktu bisa bertambah karena masalah yang sama," aku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Sukarno, Kamis (11/7).

Karena itu, dia berpesan para jemaah harus bisa menjaga kesehatan. (HM/JI/RS/OL/YH/DY/N-2)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Babel Ekspor 10 Ribu Ton Cangkang Sawit ke Jepang

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 11:52 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memuji Provinsi Babel dengan potensi pangan yang bisa diekspor dan diperdagangkan...
MI/Martinus Solo

Pemkab Sorong Gandeng KPK Cegah Korupsi Pemindahan Aset RSUD

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 11:32 WIB
Pemindahan aset RSUD Dr JP Wanane dari Kota Sorong menuju Kabupate Sorong, pemkab setempat menggandeng KPK untuk mencegah tindakan...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Semester I, Bandara Ngurah Rai Hanya Melayani 4,87 Juta Penumpang

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 10:46 WIB
Selama tujuh bulan berjalan di tahun 2020, tercatat sebanyak 4.871.017 penumpang dan 38.738 pergerakan pesawat udara terlayani. Atau turun...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya