Kamis 11 Juli 2019, 19:30 WIB

MA Sudah Tunjuk Majelis Hakim Gugatan Prabowo-Sandi

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
MA Sudah Tunjuk Majelis Hakim Gugatan Prabowo-Sandi

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Juru bicara Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Nganro.

 

JURU Bicara Mahkamah Agung Andi Samsan Nganro mengatakan pihaknya segera melakukan persidangan terkait permohonan bekas pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tentang pelanggaran pemilu secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

"Penunjukan majelis sudah ada. Pak Supandi ketuanya. Majelis hakim sedang membaca perkaranya. Saya belum tahu fix (tanggalnya), tapi segera disidangkan," ujar Andi saat dihubungi Media Indonesia, Jakarta, Kamis (11/7).

Perkara tersebut telah diregister dengan Perkara Nomor 2P/PAP/2019 tanggal 3 Juli 2019. Sebanyak lima hakim agung akan mengadili permohonan tersebut. Selain hakim Supandi, anggota hakim lainnya ialah yaitu Yodi Martono Wahyunadi, Yosran, Is Sudaryono, dan Irfan Fachruddin.

Baca juga: KPU Siap Tanggapi Kasasi Prabowo-Sandi

Lebih lanjut Andi mengatakan bahwa permohonan yang diajukan Prabowo-Sandi bukanlah kasasi. Permohonan tersebut sama dengan apa yang diajukan saat pertama kali diajukan ke MA. Namun saat itu ditolak lantaran tidak memenuhi syarat formil alias niet ontvanklijk verklaard (NO), karena legal standing yang diajukan saat itu Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Djoko Santoso.

"Laporan itu sudah dibetulkan oleh mereka (Prabowo-Sandi). Memang dalam Undang-Undang MA bisa menerima laporan itu. Tapi apakah diputuskan bisa lanjut atau tidak, itu wewenang majelis hakim," tandas Andi. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

KPK Tahan Tujuh Tersangka Suap Bupati Kutai Timur

👤Dhika kusuma winata 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 17:05 WIB
Terakhir, tim KPK membawa satu tersangka lagi ke Jakarta yakni pihak swasta bernama Deky Aryanto selaku rekanan Dinas Pendidikan Kutai...
DOK ISTIMEWA

NasDem Berikan Dukungan ke Irianto-Irwan Sabrie

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 14:57 WIB
Saat ini pasangan Irianto-Irwan Sabrie telah memenuhi syarat dengan mengantongi SK dari empat partai sebagai syarat atau di parlemen 7...
MI/WIDJAJADI

PA 212 Gelar Apel Siaga Besok, Wajib Taati Protokol Kesehatan

👤Antara 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 14:30 WIB
Yusri menuturkan petugas tingkat polres yang akan terlibat pengamanan karena peserta aksi hanya menggelar apel siaga dan tidak ada agenda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya