The King of Clay Bertemu Federer di Semifinal Wimbledon

Penulis: Despian Nurhidayat Pada: Kamis, 11 Jul 2019, 16:07 WIB Olahraga
The King of Clay Bertemu Federer di Semifinal Wimbledon

AFP/GLYN KIRK
Aksi Rafael Nadal saat berhadapan dengan Sam Querrey di perempat final Wimbledon.

LAGA antara petenis Spanyol Rafael Nadal dan rival utamanya Roger Federer dari Swiss kembali terulang pada semifinal turnamen grand slam lapangan rumput Wimbledon 2019. Pada final Wimbledon 2008 yang berjalan sangat alot dan penuh perjuangan, Nadal yang dijuluki the King of Clay mampu menundukkan Federer dengan skor 6–4, 6–4, 6–7(5–7), 6–7(8–10), dan 9–7

Pada laga semifinal Wimbledon 2019 yang berlangsung, Jumat (12/7), Nadal yang kini menempati rangking dua dan menjadi unggulan tiga akan bertemu dengan Federer, petenis rangking tiga dua yang menjadi unggulan ketiga. Jika sukses  melaju ke final,  Rafa, sapaan Nadal, akan berpeluang meraih gelar Wimbledon yang ketiga.

Sebaliknya, petenis berusia 37 tahun dari Swiss yang dikenal jagonya lapangan rumput akan berpeluang menambah koleksi gelar Wimbledon. Federer yang disebut sebagai salah satu legenda hidup tenis tersebut akan berpeluang merebut gelar Wimbledon yang kesembilan. 

Jika sukses meraih gelar juara Wimbledon 2019, Nadal akan mengikuti jejak yang pernah ditorehkan legenda tenis Bjorn Borg. Sebelumnya, Nadal baru meraih gelar turnamen grand slam lapangan tanah liat Prancis Terbuka 2019. 

"Ini luar biasa," ungkap Nadal, peraih 18 gelar grand slam, yang mengomentari pertemuannya dengan Federer.

"Sulit membayangkan berada dalam situasi itu lagi dan di sinilah kita. Saya gembira dengan kemenangan hari ini (Rabu/10/7), tetapi tentu saja saya bersemangat untuk bermain melawan Roger di sini, di Wimbledon lagi setelah sekian lama," lanjut Nadal usai kemenangannya di babak perempat final.

Pada laga perempat final Wimbledon Rabu (10/7), Nadal menyingkirkan petenis rangking 65 dunia Sam Querrey dari Amerika Serikat dengan skor  7-5, 6-2, dan 6-2. 

Sementara itu, Federer yang telah mengoleksi 20 gelar grand slam meraih tiket ke semifinal Wimbledon 2019 setelah menundukkan unggulan kedelapan Kei Nishikoti dari Jepang dengan skor 4-6, 6-1, 6-4, dan 6-4.   

Di sisi lain, Federer merasa telah mengenal banyak tentang Nadal. Bahkan laga Federer versus Nadal selalu menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu pecinta tenis.

"Kami memiliki banyak informasi tentang Rafa dan begitu juga tentang kami. Saya tahu orang-orang selalu menggembar-gemborkan hal itu," ungkap Federer.

"Ini istimewa. Sudah bertahun-tahun aku datang ke sini. Tapi aku tidak memikirkannya saat aku bermain hari ini. Sebenarnya tidak sama sekali, tidak sekali pun. Lalu saat aku masuk, orang itu berkata, Selamat atas 100 kemenanganmu. Oh, ya, aku tidak tahu. Aku lupa," pungkas Federer. (AFP/Ol-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More