Kamis 11 Juli 2019, 11:15 WIB

Nigeria Tembus Semifinal

Cahya Mulyana | Sepak Bola
Nigeria Tembus Semifinal

AFP
William Troost-Ekong

 

WILLIAM Troost-Ekong mencetak gol kemenangan dramatis untuk mengirim Nigeria ke semifinal Piala Afrika setelah menyingkirkan Afrika Selatan 2-1, di Cairo Internasional Stadium, Mesir, Kamis (11/7). Samuel Chukwueze membukakan gol pembuka di menit 27 dan disamakan Bongani Zungu pada menit 71, namun akhirnya Wiliam mampu mencetak gol kemenangan di menit 88.

Dengan kemenangan itu, Nigeria akan menghadapi Pantai Gading atau Aljazair di semifinal pada Senin (15/7). Super Eagles, julukan timnas Nigeria, mampu mendominasi laga dengan serangan-serangan yang kerap membuat lini belakang Afrika Selatan kewalahan.

Seperti gol pertama, Nigeria melalui penyerang muda Udinese mampu menggetarkan jala Afrika Selatan di pertengahan babak awal. Terlebih mental Nigeria lebih kuat dibandingkan dengan lawan mengingat memiliki sejarah kuat di ajang ini, menjadi kampiun tiga kali 1980, 1994 dan 2013.

Gol penyeimbang baru datang pada pertengahan babak kedua itu pun sempat menjadi kontroversi karena disangka masuk jebakan offside sebelum wasit memastikannya melalui video pembantu wasit (VAR). Sepakan Bongani Zungu pada menir 71 itu membuat skor 1-1.

baca juga: McLaren Pertahankan Sainz dan Norris

Namun sebelum laga usai, William yang sejak menit awal kerap merepotkan lini belakang Afrika Selatan akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari sepak pojok Moses Simon, William mengarahkan bola dengan lututnya ke jala dan kiper lawan terkecoh sehingga Nigeria keluar sebagai pemenang. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More